STRATEGI PENGEMBANGAN NUSA PENIDA SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI WISATA UNGGULAN KABUPATEN NUSA PENIDA KABUPATEN KLUNGKUNG PROVINSI BALI

  • I Dewa Ayu Agung Intan Aspriyani Badung Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1745 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1731 times
Keywords: Strategi, Pengembangan, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan pariwisata Nusa Penida, sesuai dengan analsis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait pembangunan pariwisata Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan website pemerintah Kabupaten Klungkung, sedangkan data primer diperoleh dari hasil survey dan wawancara. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nusa Penida memiliki banyak potensi yang dapat mendukung pengembangan pariwisatanya, antara lain keindahan alam, keragaman varietas biota laut, wisata religi, serta budayanya. Selain itu, kebijakan pemerintah memberikan visa gratis bagi beberapa negara, kemajuan teknologi, dan tren wisata yang cenderung berubah ke wisata alam juga menjadi faktor pendukung pengembangan pariwisata Nusa Penida. Hambatan yang ditemui dalam usaha ini adalah buruknya akses transportasi, kurangnya publikasi, dan kurang lengkapnya saran-prasarana. Selain itu, ancaman ombak pasang, bencana alam, pencemaran lingkungan dan persaingan juga menjadi faktor penghambat pengembangan pariwisata Nusa Penida. Melalui hasil temuan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats), kemudian diformulasikan kedalam matriks SWOT dan ditemukan beberapa strategi, yaitu : strategi SO (strength – opportunity) dengan mengembangkan Nusa Penida sebagai Desa Wisata, meningkatkan publikasi, dan mengembangkan Kawasan Konservasi Perairan. Strategi ST (strength – threat) dengan membuat aturan pelaksanaan kegiatan di laut, dan menyeleksi rencana pembangunan yang ditawarkan investor. Strategi WO (weakness – opportunity) dengan memperbaiki sarana-prasarana, dan meningkatkan kualitas SDM. Strategi WT (weakness - threat) dengan membangun sarana pengolahan limbah dan bekerjasama dengan pihak luar dalam upaya pengembangan SDM dan pariwisata.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Propinsi Bali. 2016. Statistik Wisatawan Mancanegara Ke Bali 2015. Denpasar : BPS Bali.

Badrudin, B. 2000. Pariwisata Indonesia Menuju World Class Tourism. Jurnal Akuntansi dan Manajemen.

Bank Indonesia. 2016. Laporan Perekonomian Indonesia Tahun 2015. Bank Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Investasi Pariwisata Kementrian Pariwisata. 2016. Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas 2016-2019. Jakarta : Kementrian Pariwisata.

Gelgel, I Putu. Industri Pariwisata Indonesia dalam Globalisasi Perdagangan Jasa Implikasi Hukum dan Antisipasinya. Bandung : PT Refika Aditama.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kabupaten Klungkung. 2012. Rencana Pengelolaan KKP Nusa Penida Kabupaten Klungkung Propinsi Bali. Klungkung : Pemkab Klungkung.

Kementrian Pariwisata. 2015. Rencana Strategis Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015-2019. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta : Erlanga.

Leonardo, V.I, 2008. Analisa Valuasi Ekonomi Menggunakan Travel Cost Method dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan ke Hutan Wisata Sungai Dumai. Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Kehutanan Vol. 4 No. 2 Hal 141-142.

Lumaksono, Adi; D.S. Priyarsono; Kuntjoro dan Rusman Heriawan. 2012. Dampak Ekonomi Pariwisata Internasional Pada Perekonomian Indonesia. Forum Pascasarjana Vol. 35 No. 1 Januari 2012: 53-68.

Outra, Wyasa. 2003. Hukum Bisnis Pariwisata. Bandung : PT Refika Aditama.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduabelas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sastrawan, I Gede Anom., I Nyoman Sunarta. 2014. Strategi Pengembangan Potensi Wisata Bahari di Pantai Crystal Bay Desa Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung. Jurnal Destinasi Pariwisata Vol. 2 No. 2, 2014.

Sedarmayanti. 2014. Membangun dan Mengembangkan Kebudayaan dan Industri Pariwisata. Bandung : PT. Refika Aditama.
Published
2018-03-01