PENGARUH MAKRO EKONOMI TERDAHAP NON PERFORMING LOAN BANK SWASTA NASIONAL INDONESIA PERIODE 2009-2015

  • Rendy Dwi Putra Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 44 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 72 times
Keywords: NPL, GDP, INF, IRCI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji menganalisis Non Performing Loan (NPL) pada 10 bank umum swasta nasional BUKU 1 dan BUKU 2 yang memiliki modal inti kecil di Indonesia pada 2009-2015. Faktor yang dianalisis dalam mempengaruhi Non Performing Loan (NPL) adalah Gross Domestic Product (GDP), Inflation (INF), dan Interest Rate of Credit Investment (IRCI). Sampel dari penelitian ini adalah 5 bank BUKU 1 yaitu Bank Mandiri Taspen Pos, Bank Jasa Jakarta, Bank Capital, Bank Index Selindo, dan Bank CCB Indonesia, sedangkan 5 bank BUKU 2 yaitu Bank Mestika, Bank KEB Hana Indonesia, Bank Mayapada, Bank Internasional, dan Bank Sinarmas. Data yang digunakan adalah data tahunan yang dikeluarkan oleh bank tersebut dan data sekunder yang didapatkan secara langsung dari World Bank dan Bank Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis menggunakan Ordinary Least Square (OLS). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Gross Domestic Product (GDP) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL); Inflation (INF) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL); dan Interest Rate of Credit Investment memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrachman. 1991. Ensiklopedia Ekonomi, Keuangan, dan Perdagangan (Inggris-Indonesia). Jakarta: Penerbit Pradnya Paramita.

Abid et al. 2013. Macroeconomic And Bank-Spesific Determinants of Household’s Non-Performing Loans in Tunisia: a Dynamic Panel Data

Aisha, Ina dan Prasetya, Ferry. 2012. Keterkaitan Variabel Makro Ekonomi Regional terhadap Kredit.

Ananta, Aris. 1987. Landasan Ekonometrika. Jakarta: PT Gramedia.

Bank Indonesia. 2012. Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/26/PBI/2012 Tentang Kegiatan Usaha Dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti Bank. (Online). (www.bi.go.id)

Bank Indonesia. 2013. Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/2/PBI/2013 (Online). (www.bi.go.id)

Bank Indonesia. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998. (Online). (www.bi.go.id)

Fawad, Ahmad dan Taqadus, Bashir. 2013. Explanatory Power of Macroeconomic Variables as Determinants of Non-Performing Loans: Evidance from Pakistan. Word Applied Science Journal 22 (2) : 234-245.

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate research in Education. New York: McGraw-Hill.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Greenide, Kevin dan Grosvenor, Tifanny. 2010. Forcasting Non Performing Loan In Barbados

Gujarati, Damodar, N. 2003. Basic Econometrics fourth edition. New York: McGraw-Hill.

Hasan, N.I. 2014. Pengantar Perbankan. Jakarta: Refrensi.

Hasibuan, Malayu. 2004. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2018-03-01