ANALISIS PROFITABILITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL PERIODE 2010-2015

  • Radestian Radestian Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 154 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 187 times
Keywords: ROA, DPK, Ekuitas, Pinjaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profitabilitas antara Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data dari 2010 sampai dengan 2015. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 3 Bank Syariah dan 3 Bank Konvensional. Sedangkan data yang dipergunakan diperoleh dari laporan keuangan masing-masing bank yang tersimpan dialamat website bank. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis Uji t-test dan regresi dengan bantuan aplikasi SPSS 18. Hasil estimasi pada Uji t-test menunjukan bahwa bank yang digunakan pada penelitian ini tidak memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan. Hasil dari uji regresi menunjukan secara simultan variabel independen DPK, Ekuitas dan Pinjaman hanya mempengaruhi ROA bank konvensional. Sedangkan secara parsial pada bank konvensional DPK berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, Ekuitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA, Pinjaman berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA. Pada bank syariah DPK berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA, Ekuitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, Pinjaman berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa bank konvensional lebih menguntungkan jika dibanding bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrachman, A. (1993). Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perdagangan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Ansari, S., dan Rehman, A. (2010). Financial Performance of Islamic and Conventional Banks in Pakistan: A Comparative Study. International Conference on Islamic Economics and Finance, p. 1-19.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.

Bank Indonesia. (2017). Jumlah bank. Diakses melalui www.bi.go.ig pada 13 Januari 2017.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. Edisi Revisi. Bogor : PT Ghalia, Indonesia.

Gazali, D.S., dan Usman, R. (2010). Hukum Perbankan. Jakarta: Sinar Grafika.

Martono. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Ekonisia.

Patmiwati, W. M., Yuesti, A., dan Sudiartana, I. M. (2016). Pengaruh Kecukupan Modal, Dana Pihak Ketiga dan Pertumbuhan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar: Bali.

Ramlana, H., dan Adnana, H. S. (2016) The Profitability of Islamic and Conventional Bank: Case study in Malaysia. Procedia Economics and Finance. Vol. 35, pp. 359 – 367.

Samad, A., dan Hassan, M. K. (2000). The Performance of Malaysian Islamic Bank During 1984-1997: An Exploratory Study. International Journal of Islamic Financial Services Vol. 1 No.3.

Sukma, Y. S. (2009). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal dan Risiko Kredit terhadap Profitabilitas (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). Universitas Negeri Padang.

Sukmawati, N. M. E., dan Purbawangsa, I. B. A. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga, Pertumbuhan Kredit, Risiko Kredit, Likuiditas, dan Kondisi Ekonomi Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.9.

Suldiarta (2012). Analisis Pengaruh Jumlah Ekuitas, LDR, NPL, BOPO dan NIM Terhadap Rentabilitas Perbankan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Susanti, N. (2014). Pengaruh Debt Financing, Equity Financing, dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga; Yogyakarta.

Zainah. (2005). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaaruhi Profitabilitas Perbankan Period 2000 – 2002 (Studi Empiris : Bank Umum di Indonesia). Tesis Program Pascasarjana Magister Managemen Undip, Semarang.

Arta, I. W. J., dan Kesuma, I. K. W. 2014. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Suku Bunga Kredit dan Pertumbuhan Kredit Terhadap Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Di Kecamatan Tegalalang, Gianyar. E-Journal Manajemen Universitas Udayana.
Published
2018-03-01