ANALISIS SWOT PENGEMBANGAN USAHA ADIGUNA MEBEL SURABAYA (Studi Kasus di Adiguna Mebel Surabaya)
Abstract
Penelitian ini menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal sebuah perusahaan mebel di Surabaya dan membangun strategi yang tepat untuk pengembangan usaha ke depan. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan menggali data kualitatif yang diukur dengan kuantifikasi skala likert. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan studi kasus Toko Adiguna Mebel. Penelitian ini menganalisis dengan menggunakan pembobotan dan penskoran dalam matriks IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) dengan menentukan terlebih dahulu variabel-variabel dari faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian dari masing-masing variabel pada matriks EFAS dan IFAS digabungkan pada tabel penggabungan EFAS+IFAS, dan dilanjutkan dengan kuadran SWOT setelah itu diakhiri dengan Matriks SWOT untuk lebih mengembangkan strateginya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan di masa yang akan datang adalah strategi agresif atau strategi pertumbuhan. Strategi agresif atau strategi pertumbuhan yang dapat diterapkan adalah peningkatan volume penjualan dan perluasan pangsa pasar Adiguna Mebel.
Downloads
References
Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.