STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI ARANG PUTIH MELALUI BISNIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR INDONESIA DIERA GLOBAL (Studi Pada CV. SATOJO ANUGERAH SUKSES) TAHUN 2017

  • Cindy Kweenedy Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 239 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 883 times
Keywords: Strategi, Pengembangan, Bisnis Online, Arang Putih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati faktor- faktor internal dan eksternal yang dapat yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan CV. Satojo Anugerah Sukses, sesuai dengan analisis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait pengembangan arang putih melalui bisnis online untuk meningkatkan ekspor di era global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Satojo Anugerah Sukses memiliki banyak potensi yang dapat mendukung penjualan produknya terutama dengan menggunakan media online dalam pemasarannya, CV. Satojo memiliki sumber daya bahan baku untuk membuat arang putih juga menjadi faktor pendukung. Hambatan dalam usaha ini adalah struktur perusahaan yang kurang tertata sehingga pemasaran kurang optimal, metode pembayaran kurang bervariatif. Selain itu, ancaman habisnya bahan baku, barang hilang akibat pengiriman, nilai tukar rupiah menguat, pesaing baru, bencana alam juga menjadi faktor penghambat pengembangan CV. Satojo Anugerah Sukses. Melalui hasil temuan, kemudian diformulasikan kedalam matriks SWOT dan ditemukan beberapa strategi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Chandra dan Hermawan, Dadang. 2013. E-Business & E- Commerce. Yogyakarta : Andi.

Alexander F.K.Sibero. 2011. Kitab Suci Web Programming, Yogyakarta: Mediakom

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amir, MS, 2001, Seluk Beluk dan Teknik Perdagangan Luar Negeri, Jakarta : PPM

Budiarto, Teguh dan Fandy Ciptono. 2007. Pemasaran Internasional. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Chaffey, D., 2009, E-Business and E-Commerce Management : Strategy, Implementation and Practice, 4thedition, Prentice Hall.

David, Fred, R. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat

Doole and Lowe, 2008, International Marketing Strategy. Fifth Edition, Canada : Nelson Education Ltd.

Ekber Akgun, Ali, dkk. 2014, Standardization and Adaptation of International Marketing Mix Activities, Turkey :Elsevier Ltd.

Ghauri and Philip, 2009, International Marketing, Great Britain, UK : Edinburgh Business School

Hidayat, Taufik, 2008, Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta: Mediakita

Jony Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, jilid 2; Edisi Bahasa Indonesia terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Published
2018-03-01