ANALISIS PENETAPAN SUKU BUNGA KREDIT DI PERBANKAN INDONESIA

  • Yuliani Agustin Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 138 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3042 times
Keywords: Interest Rate on Loans CAR, NPL, ROA, LDR, Reserve, dan Total Asset

Abstract

Kegiatan bank akan berjalan dengan baik jika modal yang dimiliki juga baik. Untuk tetap menjaga kestabilan bank, maka Bank Indonesia menetapkan CAR 8%, dengan ketentuan CAR mengikuti Basel I dan Basel II. Modal yang ada akan disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit oleh bank, yang pasti akan disertai oleh suku bunga kredit. Salah satu yang mempengaruhi suku bunga kredit adalah suku bunga Bank Indonesia. Jika suku bunga kredit meningkat, salah satu dampak yang dirasakan adalah meningkatnya kredit macet. Untuk melihat pengaruh suku bunga kredit, maka dilakukan penelitian terhadap sepuluh bank go public di Indonesia periode 2013-2015. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah CAR, NPL, ROA, LDR, Reserve, dan Total Asset. Agar mendapatkan hasil penelitian, maka digunakan metode estimator PLS (Panel Least Square). Dengan taraf signifikan 5% dan 10% maka ditemukan hasil bahwa NPL (Non Performing Loan) dan Total Asset berpengaruh signifikan terhadap interest rate on loans. Sedangkan CAR (Capital Adequacy Ratio), ROA (Return on Asset), LDR (Loan to Deposit Ratio), dan Reserve tidak berpengaruh signifikan terhadap interest rate on loans. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, Yanita, Sahara. 2013. Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga BI, dan Produk Domestik Bruto Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Vol. 1 No.1 Januari 2013.

Bank Indonesia. 2011. “Transparasi Informasi Suku Bunga Dasar Kredit”. Surat Edaran, Nomor 13/5/DPNP tanggal 8 Februari.

Faisol, Ahmad. 2007. Analisis Kinerja Keuangan Bank Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Hal 129-170.

Hasibuan, Malayu. 2007. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sawitri, Peni, dan Wicaksono, Ananto. 2009. Faktor-Faktor Base Lending Rate PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Tahun 2002-2006. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), Vol 3.

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sunariyah. 2004. Saluran Pemasaran. Yogyakarta: BPPE.

Sutawijaya, Adrian, dan Lestari, Puji, Etty. 2009. Efisiensi Teknik Perbankan Indonesia Pascakrisis Ekonomi : Sebuah Studi Empriris Penerapan Model Dea. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 10 No.1, hal 49-67.
Published
2018-03-01