STUDI KONSERVASI ENERGI DENGAN BIPV (BUILDING INTEGRATED PHOTOVOLTAIC) PADA BANGUNAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA

  • Okky Andriansyah Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Eliser Tarigan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 255 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 313 times
Keywords: Energi surya, photovoltaic, Building Integrated Photovoltaic (BIPV), perpustakaan Universitas Surabaya, skelion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari potensi aplikasi building integrated photovoltaic pada atap perpustakaan Universitas Surabaya di Surabaya, Indonesia. Sebelum mewujudkan BIPV yang sebenarnya, dibutuhkan studi konservasi energi terlebih dahulu dengan cara melakukan simulasi menggunakan software. Studi konservasi energi dilakukan dengan cara mencari potensi energi matahari di lingkungan Universitas Surabaya, kebutuhan listrik di perpustakaan Universitas Surabaya dan energi yang dihasilkan pada sistem building integrated photovoltaic. Mencari potensi energi matahari dilakukan dengan cara pengukuran radiasi matahari secara langsung dan simulasi. Kebutuhan listrik di perpustakaan Universitas Surabaya akan dilakukan secara pendataan alat-alat listrik yang ada di perpustakaan. Software yang dipakai untuk membuat sistem building integrated photovoltaic adalah SketchUp dan skelion. Penelitian ini juga melakukan analisa ekonomi pada penggunaan building integrated photovoltaic pada atap perpustakaan Universitas Surabaya serta reduksi karbon (CO2). Simpulan pada pengerjaan penelitian ini bahwa penggunaan sistem BIPV pada atap perpustakaan Universitas Surabaya bisa memenuhi kebutuhan energi listrik tanpa air conditioner di perpustakaan Universitas Surabaya dan investasi awal yang diperlukan untuk melakukan sistem BIPV ini sebesar Rp 1.944.992.700,-.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surya Sebagai Sumber Energi Listrik Pada Kampus III UBAYA. Tugas Akhir, Teknik Elektro, Universitas Surabaya, Surabaya 2010.

Elieser Tarigan S.Si., M.Eng., P.hD., Buku Diktat Fisika dan Energi Alternatif. Departemen MIPA, Universitas Surabaya, 2013.

Freitas S, Catita C, Redweik P, Brito M.C. Modelling solar potential in the urban environment: State-of-the-art review. Renewable and Sustainable Energy Reviews 2015.

Huld T, Müller R, Gambardella A. A new solar radiation database for estimating PV performance in Europe and Africa. Solar Energy 2012.

M. Fiqi Rizal. Penerapan Panel Fotovoltaik Terintegrasi Pada Fasade dan Atap. Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok 2008.

Kaltschmitt, Martin, dkk. Renewable Energy : Technology, Economic and Environment. Germany: Springer-Verlag Berlin Heidelberg. 2007..

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Feed In Tariff listrik dari PLTS Fotovoltaik, 2013.

Manoj Kumar Panjwani, Dr. Ghous Bukshsh. Effect of Humidity on the Efficiency of Solar Cell (photovoltaic). 2014.

on Weather Station Data For Direct Site Monitoring in Indonesia. Master Level Thesis, European Solar Engineering School, Dalarna University, Sweden 2013.

Subekti Yuliananda, Kajian Aspek Teknis dan Aspek Biaya Investasi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya 2013.
Published
2018-03-01