PEMBUATAN GAME SIMULASI FIRST-PERSON “CAT 88”
Abstract
Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer. Memelihara kucing bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh anak-anak karena mereka masih belum memiliki pengetahuan dan tenaga yang cukup untuk memelihara hewan sendiri dan dapat berdampak kucing yang dipelihara mati. Berdasarkan kondisi dan permasalahan di atas, munculah suatu ide untuk membuat game simulasi untuk desktop yang dibuat sedemikian rupa sehingga pemain mendapatkan wawasan mengenai cara memelihara kucing yang benar setelah memainkannya. Game simulasi adalah suatu jenis game yang meniru aktivitas-aktivitas kehidupan nyata dengan tujuan melatih pemain, memprediksi atau menganalisis sesuatu. Jenis kamera yang digunakan dalam game simulasi ini adalah kamera first-person. Kamera diletakkan sesuai dengan perspektif karakter pemain, sehingga pandangan pemain terhadap lingkungan sekitarnya terlihat jelas. Game dibuat menggunakan game engine Unity. Setelah melalui beberapa tahap dan proses, game berhasil dibuat dan dicobakan ke anak. Setelah bermain anak diberi pertanyaan mengenai aktivitas apa saja yang perlu dilakukan dalam memelihara kucing. Mayoritas anak berhasil menjawab pertanyaan tersebut dan dapat disimpulkan bahwa anak mendapatkan wawasan mengenai cara memelihara kucing yang benar setelah memainkan game ini.
Downloads
References
Adelaidevet. 2016. HOW LONG DO CATS LIVE? AGEING AND YOUR FELINE. Diunduh 20 Desember 2016. https://adelaidevet.com.au/pet-library/how-long-do-cats-live-ageing-and-your-feline
Boshel, J. 1982. Filiform Papillae of Cat Tongue. Diunduh 20 April 2016. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7180385
Jones, Ken. 1995. Simulations: A Handbook for Teachers and Trainers. Nichols Publishing Company. United States of America
Moelk, Mildred. 1944. Vocalizing in the House-Cat; A Phonetic and Functional Study. University of Illinois Press. New York
Randall, Walter. 1985. Circadian rhythms in food intake and activity in domestic cats. Behavioral Neuroscience
The Humane Society. 2016. Pets by the Numbers. Diunduh 19 April 2016. http://www.humanesociety.org/issues/pet_overpopulation/facts/pet_ownership_statistics.html
Wilson. 2005. Mammal Species of the World: A Taxonomic and Geographic Reference. Johns Hopkins University Press
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.