PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE MENGGUNAKAN ALGORITMA A*

  • Aloysius Wiranata Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Budi Hartanto Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Marcellinus Ferdinand Suciadi Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 204 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 603 times
Keywords: Tower Defense, Algoritma A*, berbasis desktop, single player

Abstract

Permainan tower defense yang sudah ada sekarang ini kurang memberikan pemain kebebasan dalam bermain dimana pemain tidak dapat membuat jalurnya sendiri. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah permainan tower defense berbasis desktop yang memberikan pemain kebebasan dalam menentukan jalur monster. Permainan ini dibuat menggunakan unity dan bersifat single player. Pada permainan tower defense ini, terdapat sebuah objektif yang harus dilindungi oleh pemain. Nantinya, monster yang muncul akan berusaha mencari jalannya sendiri menuju objektif tersebut. Algoritma pencarian jalan yang digunakan oleh monster tersebut adalah algoritma A*. Algoritma A* ini merupakan algoritma pathfinding yang paling sering digunakan dalam berbagai jenis game. Algoritma A* pada tugas akhir ini menggunakan library yang ditulis oleh Aron Granberg. Pemilihan library ini didasari pada dokumentasi yang jelas dan kemudahan dalam menggunakan library tersebut. Selain itu, berdasarkan hasil analisa maka pada permainan ini juga ditambahkan fitur Custom Tower. Custom Tower adalah sebuah fitur dimana pemain dapat memodifikasi atribut dari tower yang ada sesuai dengan keinginannya sendiri. Agar permainan tetap menjadi seru dan tidak ada tower yang terlalu kuat, maka semakin tinggi atribut custom tower, maka biaya pembuatan tower juga semakin tinggi. Dari hasil uji coba permainan didapatkan hasil bahwa dengan adanya custom tower dan custom track mampu meningkatkan keseruan permainan tower defense. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya adalah menambahkan fitur multiplayer dan varian monster dan tower.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalmau, D. S. (2004). Core techniques and algorithms in game programming. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=IfDouSUqOUIC

Patel, A. (2014, May 26). Red Blob Games: Introduction to A*. Diakses 27 November 2016, dari http://www.redblobgames.com/pathfinding/a-star/introduction.html
Published
2018-03-01