PEMBUATAN SISTEM INFORMASI INVENTORY DIREKTORAT MARKETING AND PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS SURABAYA

  • Arifman Afda Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Bambang Prijambodo Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Hendra Dinata Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 54 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 158 times
Keywords: sistem informasi inventory, Staf Promosi dan Marketing serta UMS, Staf Inventaris dan Gudang Souvenir, Direktorat Marketing and Public Relations Universitas Surabaya, Universitas Surabaya

Abstract

Universitas Surabaya adalah salah satu instansi yang menyebarkan informasi melalui teknologi, yaitu teknologi sistem informasi. Namun, tidak semua direktorat yang berada di Universitas Surabaya menggunakan sistem informasi, salah satunya Direktorat Marketing and Public Relations. Direktorat tersebut memiliki banyak barang souvenir tetapi tidak dikelola dengan sistem yang terintegrasi sehingga timbul masalah-masalah yang berkaitan dalam pengadaan barang, penerimaan barang, permintaan barang, penyediaan barang, pemanfaatan barang, dan penjualan barang. Masalah-masalah yang ada tersebut mendasari pembuatan sistem informasi inventory Direktorat Marketing and Public Relations Universitas Surabaya. Pembuatan sistem informasi ini bertujuan membantu staf direktorat tersebut dalam mengelola pengadaan, penerimaan, permintaan, penyediaan, pemanfaatan, dan penjualan barang. Tujuan lainnya adalah membantu dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam melakukan permintaan barang souvenir dan membantu masyarakat dalam mengetahui informasi barang Ubaya Merchandise Store. Setelah melakukan implementasi dan uji coba dengan menggunakan metode wawancara dan membagikan kuesioner didapatkan hasil bahwa sistem informasi inventory dapat membantu Staf Promosi dan Marketing serta UMS, Staf Inventaris dan Gudang Souvenir, dan Staf Direktorat Marketing and Public Relations Universitas Surabaya dalam mengelola pengadaan, penerimaan, permintaan, penyediaan, pemanfaatan, dan penjualan barang. Sistem informasi inventory ini juga membantu dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam melakukan permintaan barang souvenir serta membantu masyarakat luas dalam mengetahui informasi barang-barang Ubaya Merchandise Store.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Heryanto, A., Fuad, H., & Dananggi, D. (2014). Rancang Bangun Sistem Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus di PT. Infinetworks Global Jakarta. STMK Bina Sarana Global.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Laudon, Kenneth, & P Laudon, J. (2010). Manajemen Information System: Managing the Digital Firm. New Jersey: Prentice-Hall.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach, Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Shneiderman, B. (1998). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer-Interaction 3rd ed. United Stated: Addison Wesley Longman, Inc.

Shneiderman, B., & Plaisant, C. (2010). Designing the User Interface. Addison Wesley Longman, Inc.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Siswoutomo, W. (2006). Kiat Jitu Mendesain User Intergace Software. Jakarta: Elex Media Komp.

Susanto, A. (2013). Sistem Informasi Akuntansi: Struktur Pengendalian Risiko Pengembangan Edisi Pertama. Bandung: Linggar Jaya.

Sutanta, E. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2018-03-01