PERENCANAAN PENDIRIAN INDUSTRI “COZY BARBERSHOP” DENGAN KONSEP KANSEI ENGINEERING DI KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

  • Eduardo Edwin Ang Jurusan Teknik Manajemen Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 284 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1019 times
Keywords: Perencanaan Industri, Kelayakan, Kansei Engineering, Cozy Barbershop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan pendirian “Cozy Barbershop” di Kupang. Terdapat 4 aspek yang dianalisa pada penelitian ini yaitu aspek pasar, teknis, manajemen dan keuangan. Dari aspek pasar diperoleh hasil bahwa terdapat celah pasar yang dapat direbut oleh Cozy Barbershop, sehingga permintaan efektif dari usaha ini masih ada. Aspek teknis membahas lokasi pendirian, layout, kapasitas serta desain ruangannya dengan konsep Kansei Engineering. Pada aspek manajemen, dibahas struktur organisasi, job description,  job spesification, jumlah tenaga kerja yang akan digunakan serta gaji yang akan diberikan. Aspek terakhir untuk mengevaluasi kelayakan usaha ini adalah keuangan. Hasil yang didapatkan adalah NPV Cozy Barbershop lebih besar dari nol, IRR (50%) > MARR (10,78%), dan Discount Payback Period (2,65 tahun) yang tidak melebihi horizon perencanaan (5 tahun). Sehingga dapat disimpulkan bahwa perencanaan pendirian industri “Cozy Barbershop” dengan konsep Kansei Engineering di Kota Kupang layak untuk didirikan ditinjau dari keempat aspek tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husnan, S., & Suwarsono. (2000), Studi Kelayakan Proyek, Edisi Ketiga, UPP AMP. YKPN, Yogyakarta.

Husnan, S., & Suwarsono. (2008), Studi Kelayakan Proyek, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kasmir & Jakfar. (2003), Studi Kelayakan Bisnis, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Kasmir & Jakfar. (2012), Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Kotler, P., Kertajaya, H., Huan, H.D., & Liu, S. (2003), Rethinking Marketing, Indeks, Jakarta.

Mertoguno, R.Z.S. (2008), Studi Kelayakan Pendirian Salon Kecantikan Khusus Remaja dan Perancangan Strategi Pemasaran yang Sesuai dengan Perilaku Konsumen di Surabaya, Tugas Akhir Universitas Surabaya, Surabaya.

Nagamachi, M. (1995), “Kansei Engineering: A New Ergonomic Consumer-Oriented Technology for Product Development” , International Journal of Industrial Ergonomics 15, p. 3-11.

Nagamachi, M. (2011), Kansei/ Affective Engineering, CRC Press, New York.

Nikolay, F.R. (2014), Studi kelayakan pendirian restoran seafood dengan mempertimbangkan Kansei Engineering dalam perancangan interior ruangan di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Tugas Akhir Universitas Surabaya, Surabaya.

Rangkuti, F. (2012), Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ruitan, F.A. (2013), Studi kelayakan pendirian usaha green resto apung ikan bakar dengan pendekatan Kansei Engineering di Luwuk, Sulawesi Tengah, Tugas Akhir Universitas Surabaya, Surabaya.

Siswanto, B. (2005), Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2018-03-01