PENGEMBANGAN SUSTAINABLE TOURISM MANAGEMENT DI KARESIDENAN BOJONEGORO

  • Lisa Kurniawati Ardijanto Jurusan Teknik Manajemen Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 268 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2233 times
Keywords: Sustainable Tourism, Karesidenan Bojonegoro, Structural Equation Modelling, Quality Function Deployment, Crosstab

Abstract

Permasalahan pariwisata di Indonesia terletak pada komitmen dalam menjalankan pembangunan pariwisata berkelanjutan terutama kepekaan terhadap lingkungan dinilai masih kurang oleh dunia internasional. Oleh sebab itu diperlukan kesadaran dari destinasi wisata di Indonesia akan pentingnya penerapan sustainable tourism secara nyata termasuk Karesidenan Bojonegoro. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kondisi pariwisata yang ada di Karesidenan Bojonegoro, merancang model dan variabel sustainable tourism yang berpeluang dikembangkan pada destinasinya serta mengusulkan perbaikan yang sebaiknya diimplementasikan terkait variabel tersebut. Berkaitan dengan kondisi pariwisata yang ada di Karesidenan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Tuban memiliki beragam jenis destinasi wisata yang potensial untuk dikembangkan serta mampu menarik perhatian pengunjung seperti wisata alam, wisata sejarah dan wisata religi.Untuk model penelitian sustainable tourism terdiri dari perceived sustainability, perceived value dan satisfaction diolah menggunakan metode utama berupa structural equation modelling dan metode pendukung berupa uji mean. Indikator-indikator yang menjadi prioritas perbaikan diantaranya pelayanan turis, ketersediaan infrastruktur, ketersediaan safety guide dan lain-lain. Program perbaikan yang paling utama dipilih yaitu integrasi sumber daya manusia dan sosial budaya berdasarkan hasil quality function deployment dan penerapan ekowisata pada destinasi alam untuk hasil crosstab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonillo, M.A.I, Fernandes, R.S, Castillo, D.J. (2016), “Sustainable, value, and satisfaction: Model testing and cross-validation in tourist destinations”, Journal of Business Research, Vol 69, pp. 5002-5007.

Pono, M. (2008), Pengaruh Dinamika Lingkungan Strategi Bersaing dan Strategi Operasi terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur di Sulawesi Selatan). Makassar: Fakultas Ekonomi Hasanuddin.

United Nation Environment Programme (UNEP) dan World Tourism Organization (WTO). (2005), Making Tourism More Sustainable.

(http://www.beritasatu.com/food-travel/366033-dari-144-negara-ri-peringkat-130 pembangunan-pariwisata-berkelanjutan.html, diakses tanggal 15 Agustus 2016)

(http://www.kabarindonesia.com/beritaprint.php?id=20081108062301,diakses tanggal 15 Agustus 2016)
Published
2018-03-01