PENINGKATAN PROSES LAYANAN DENGAN PENDEKATAN LEAN SERVICE DI HOTEL TRIO INDAH 2 MALANG
Abstract
Lean service pada dasarnya adalah ‘perbaikan yang berkesinambungan’ dan ‘menghilangan aktivitas non-value-add (waste)’. Pada penelitian ini, objek yang dipilih sebagai tempat penerapan lean service adalah Hotel Trio Indah 2 Malang terutama untuk divisi Front Office, Housekeeping, Restaurant, Engineering, dan Public Area. Saat ini, kondisi Hotel Trio Indah 2 Malang belum termasuk lean. Hal ini terlihat dari adanya pemborosan di beberapa divisi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi waste hotel saat ini dengan menggunakan lean tool; merancang lean service yang sesuai untuk meningkatkan efisiensi di Hotel Trio Indah 2 Malang; dan mengimplementasikan lean service tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pemetaan aktivitas dengan PAM untuk mengidentifikasi waste dan value dari customer. Selanjutnya dilakukan analisis penyebab waste dengan menggunakan FMEA dan 5whys untuk menghasilkan saran perbaikan. Untuk perbaikan jangka pendek, didapatkan pengurangan persentase NNVAA dan NVAA. Untuk perbaikan jangka panjang, terdapat peningkatan nilai PCE, sehingga dari usulan perbaikan yang dirancang dapat diterapkan oleh pihak hotel agar efisiensi proses pelayanannya dapat ditingkatkan.
Downloads
References
Asefeso, A. (2013). Lean Healthcare. United Kingdom: AA Global Sourching Ltd.
Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hines, P. & Taylor, D. (2000). Going Lean. Cardiff: Lean Enterprise Research Centre.
Raunch, E., Damian, A., Holzner, P., & Matt, D. (2016), Lean Hospitality - Application of Lean Management methods in the hotel sector, Vol. 41, pp 614-619.
www.shiftindonesia.com (tanggal akses: 9 Mei 2016).
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.