PERANCANGAN PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA LOGISTIK DI PERUSAHAAN EKSPEDISI PT XYZ SURABAYA

  • Ridzky Diyawati Jurusan Teknik Manajemen Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 464 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1187 times
Keywords: sistem pengukuran kinerja, logistic scorecard, pengukuran kinerja logistic

Abstract

PT XYZ Surabaya, salah satu perusahaan ekspedisi di Surabaya, mengukur kinerjanya dengan cara tradisional yaitu dengan melihat satu aspek saja yaitu dari status pengiriman barang sehingga tidak dilakukan perbaikan-perbaikan di aspek lainnya. Oleh karena itu perusahaan perlu merancang sistem pengukuran kinerja dan meningkatkan kinerja dengan menggunakan pendekatan logistic scorecard. Pendekatan logistic scorecard ini diawali dengan perancangan logitic rangescore, pengukuran kinerja logistik tiap perspektif dan pengukuran kinerja logistik secara keseluruhan. Pada periode 1, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,523. Pada periode 2, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,804. Pada periode 3, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai 3,542. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis faktor KPI yang harus diperbaiki dengan menggunakan analisis gap dan fault tree analysis. Berikutnya adalah menentukan prioritas perbaikan kinerja untuk PT XYZ Surabaya menggunakan quality function deployment dengan perbaikan yang diprioritaskan adalah mengadakan pelatihan secara berkala pada karyawan-karyawan yang dimiliki. Pelatihan secara berkala pada karyawan ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja banyak KPI seperti kecepatan sortir, ketepatan sortir, rata-rata waktu penanganan komplain, persentase barang yang dikirim ulang, jumlah komplain yang masuk dan persentase komplain yang tertangani. Setelah melakukan penentuan prioritas perbaikan, langkah selanjutnya adalah menyusun action plan untuk menentukan person in charge dalam setiap usulan perbaikan dari peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, L. (2016). Pengukuran dan Usulan Perbaikan Kinerja Gudang Produk Jadi PT. XYZ . Surabaya: Fakultas Teknik Ubaya.

Blanchard, B. S. (1998). Logistic Engineering and Management Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

BUMN. (2016). Statistik Jumlah BUMN. Dipetik Maret 1, 2017, dari Kementrian BUMN: http://www.bumn.go.id/halaman/0-Statistik-Jumlah-BUMN

Dewi, L. K. (2012). Pengukuran Kinerja Logistik di Ekspedisi UD. Lia Jaya, Surabaya. Surabaya: Fakultas Teknik Ubaya.

Erwin, A. (2012). Pengukuran Sistem Pengukuran dan Perbaikan Kinerja Logistik Industri Makanan Ringan di CV. Jaya Raya Food, Surabaya. Surabaya: Fakultas Teknik Ubaya.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2006). Quality Management: Introduction to Total Quality Management fro Production, Processing, and Services. New Jersey: Upper Saddle River: Pearson Education.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). The Balanced Scorecard : Translating Strategy into Action. Boston: Harvard Business.

Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stock, J. R., & Lambert, D. M. (2001). Strategic Logistic Management Fourth Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.
Published
2018-03-01