PERANCANGAN PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA LOGISTIK DI PERUSAHAAN EKSPEDISI PT XYZ SURABAYA
Abstract
PT XYZ Surabaya, salah satu perusahaan ekspedisi di Surabaya, mengukur kinerjanya dengan cara tradisional yaitu dengan melihat satu aspek saja yaitu dari status pengiriman barang sehingga tidak dilakukan perbaikan-perbaikan di aspek lainnya. Oleh karena itu perusahaan perlu merancang sistem pengukuran kinerja dan meningkatkan kinerja dengan menggunakan pendekatan logistic scorecard. Pendekatan logistic scorecard ini diawali dengan perancangan logitic rangescore, pengukuran kinerja logistik tiap perspektif dan pengukuran kinerja logistik secara keseluruhan. Pada periode 1, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,523. Pada periode 2, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,804. Pada periode 3, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai 3,542. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis faktor KPI yang harus diperbaiki dengan menggunakan analisis gap dan fault tree analysis. Berikutnya adalah menentukan prioritas perbaikan kinerja untuk PT XYZ Surabaya menggunakan quality function deployment dengan perbaikan yang diprioritaskan adalah mengadakan pelatihan secara berkala pada karyawan-karyawan yang dimiliki. Pelatihan secara berkala pada karyawan ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja banyak KPI seperti kecepatan sortir, ketepatan sortir, rata-rata waktu penanganan komplain, persentase barang yang dikirim ulang, jumlah komplain yang masuk dan persentase komplain yang tertangani. Setelah melakukan penentuan prioritas perbaikan, langkah selanjutnya adalah menyusun action plan untuk menentukan person in charge dalam setiap usulan perbaikan dari peneliti.
Downloads
References
Blanchard, B. S. (1998). Logistic Engineering and Management Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
BUMN. (2016). Statistik Jumlah BUMN. Dipetik Maret 1, 2017, dari Kementrian BUMN: http://www.bumn.go.id/halaman/0-Statistik-Jumlah-BUMN
Dewi, L. K. (2012). Pengukuran Kinerja Logistik di Ekspedisi UD. Lia Jaya, Surabaya. Surabaya: Fakultas Teknik Ubaya.
Erwin, A. (2012). Pengukuran Sistem Pengukuran dan Perbaikan Kinerja Logistik Industri Makanan Ringan di CV. Jaya Raya Food, Surabaya. Surabaya: Fakultas Teknik Ubaya.
Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2006). Quality Management: Introduction to Total Quality Management fro Production, Processing, and Services. New Jersey: Upper Saddle River: Pearson Education.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). The Balanced Scorecard : Translating Strategy into Action. Boston: Harvard Business.
Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stock, J. R., & Lambert, D. M. (2001). Strategic Logistic Management Fourth Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.