STUDI DESKRIPTIF PEMENUHAN TUGAS-TUGAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PADA ANAK BUNGSU
Abstract
Anak bungsu memiliki karakteristik yang cenderung tergantung pada orang lain, namun di sisi lain terdapat anak bungsu yang memiliki motivasi tinggi. Karakteristik tersebut dapat berpengaruh dalam mengambil keputusan karier, khususnya pada anak bungsu yang tergantung pada orang lain sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kondisi diri. Padahal, karier merupakan elemen penting yang digunakan manusia untuk memperlengkapi kehidupannya. Selain itu, memiliki karier juga merupakan tugas perkembangan seorang remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemenuhan tugas-tugas pengambilan keputusan karier pada anak bungsu. Tugas-tugas dalam pengambilan keputusan karier adalah orientation, self-exploration, broad and depth exploration of environment, status identity, dan commitment. Pada penelitian ini ditemukan pemenuhan terhadap tugas-tugas pengambilan keputusan karier terbagi menjadi tiga pola, yaitu optimal memenuhi semua tugas (N=16), optimal memenuhi beberapa tugas (N=104), dan belum optimal memenuhi semua (N=6). Tugas yang paling dapat dipenuhi secara optimal oleh anak bungsu adalah commitment dan tugas yang paling banyak tidak optimal dipenuhi anak bungsu adalah self-exploration. Hal yang membedakan diantara ketiga pola pemenuhan adalah kebiasaan dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari, peran guru BK, serta respon terhadap adanya perbedaan pendapat yang diterima anak bungsu.
Downloads
References
Brahmana, K. M. (2010). Perbedaan dalam mempertimbangkan faktor-faktor pengambilan keputusan pemilihan jurusan di perguruan tinggi pada remaja akhir yang mempersepsikan dirinya diasuh dengan pola asuh yang berbeda. Visi, 18 (1), 50-67.
Creed, P. A., Glendon, A. I., & Rogers, M. E. (2008). The role of personality in adolescent career planning and exploration: A social cognitive perspective. Journal of Vacational Behavior, 73, 132-142.
Feist, G., & Feist, J. (2009). Theories of personality (7th edition). Boston: McGraw-Hill Companies, Inc.
Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006a). High school students’ career decision-making process: Development and validation of the Study Choice Task Inventory. Journal of Career Assessment, 14 (10), 1-23
Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006b). High school students’ career decision-making process: A longitudinal study of one choice. Journal of Vacational Behavior, 68, 189-204
Pradekso, T., Rumono, H. N., & Setyabudi, D. (2014). Hubungan intensitas komunikasi orangtua-anak dan kelompok referensi dengan memilih jurusan ilmu komunikasi pada siswa kelas XII. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Rini, A. R. (2012). Kemandirian remaja berdasarkan urutan kelahiran. Jurnal Pelopor Pendidikan, 3(1), 61-70.
Santrock, J. W. (2003). Perkembangan remaja edisi ke-6 (Adelar, S. B. & Sarragih, S., Pengalih bhs.). Jakarta: Erlangga.
Tarsidi, D. (2007). Teori perkembangan pilihan karier. Diunduh dari http://file/upi.edu/direktori/teori_perkembangan_karir.pdf, pada Sabtu 27 September 2014
Wicaksono, L. (2012). Pengaruh informasi karier terhadap pengambilan putusan karier siswa SMA (Skripsi). Universitas Tanjungnegara, Pontianak.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.