SARANA BANTU PENYULUHAN MENYIKAT GIGI BAGI ANAK USIA 3 SAMPAI 5 TAHUN

  • Angela Regina Sunyoto Desain dan Manajemen Produk / Universitas Surabaya
Abstract Views: 66 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 213 times
Keywords: Learning Methods, Tooth Brushing, Counseling

Abstract

Abstrak - Ada banyak cara untuk mengenalkan kebiasaan menyikat gigi kepada anak, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan penyuluhan menyikat gigi. Penyuluhan menyikat gigi sering kali diadakan oleh sebuah instansi yang bergerak dan peduli terhadap kesehatan dan kebersihan gigi seperti PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) yang bekerjasama dengan PT. Unilever dalam program Senyum Pepsodent, dan juga beberapa fakultas kedokteran gigi yang mengadakan program penyuluhan menyikat gigi kepada anak-anak. Namun, penyuluhan menyikat gigi yang selama ini diadakan masih memiliki banyak kekurangan dalam hal media yang digunakan seperti tidak adanya media yang berfungsi untuk menampung air bekas berkumur anak sehingga tidak jarang kegiatan penyuluhan menyikat gigi mengakibatkan halaman sekolah menjadi kotor dan juga media yang digunakan ketika kegiatan tidak menarik sehingga banyak anak yang tidak tertarik dan juga mengganggu lingkungan sekitar saat penyuluhan. Maka dari itu, diperlukan adanya perancangan sebuah sarana pembelajaran menyikat gigi bagi anak yang dapat menunjang kegiatan penyuluhan menyikat gigi. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah metode kualitatif, dimana pengumpulan datanya dari hasil wawancara bersama dokter gigi, orang tua dan anak perempuan atau lakilaki yang berusia 3 hingga 5 tahun; observasi (dokumentasi, pengamatan); dan diskusi. Selain itu penelitian juga menggunakan metode kuantitatif yang metode pengumpulan datanya berupa kuesioner pemilihan bentuk hewan kepada anak usia 3 hingga 5 tahun. Berdasarkan analisa data, didapatkan konsep yang ditawarkan pada produk ini adalah Portable Animal-look Dental Edu Fun yang berarti produk ini dapat memberikan pembelajaran mengenai menyikat gigi dengan menarik bagi anak dan produk ini dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Produk yang dihasilkan merupakan wastafel kecil sebagai produk utama, papan jadwal dan tempat sikat gigi sebagai produk sarana pemacu bagi anak yang juga memberikan pengajaran bagi anak.

Kata kunci: Sarana Pembelajaran, Menyikat Gigi, Penyuluhan

ABSTRACT - There are many ways to educate children how to brush their teeth, for example by providing tooth brushing counseling. Tooth brushing counselings are frequently held by agencies engaged in dental health and hygiene such as PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) collaborating with PT. Unilever in Senyum Pepsodent program, and some of dental faculties that hold tooth brushing counseling for children. But, there are some shortcomings in mediums used, such as absence of media used to accommodate rinse water, so that schoolyard will be littered. The mediums used in the events are not interesting for the children, thus they won’t pay attention and disrupt the counseling. Hence, we need a design of tooth brushing means of learning for children that able to support the tooth brushing counselings. The research method used is qualitative method which collects data from dentists, parents and 3 to 5 years old boy and girl , observation (documenting and observing), and discussion. The research used quantitative method such as questionnaire for 3 to 5 years old children about the options of animal form that will be used. Based on data analysis, concept offered by this product is Portable Animal-look Dental Edu Fun that means this product is able to give an interesting tooth brushing learning for children and can be easily moved. The output is a small sink as the main product, a schedule board and a toothbrush holder as a booster products which educate children.

Keywords: Learning Methods, Tooth Brushing, Counseling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Engelbrecht, Kathie. 2003. The Impact of Colour on Learning (Online) (http://sdpl.coe.uga.edu/HTML/W305.pdf diakses tanggal 24 Maret 2014)

Gaines, Kristi S. 2011. The Inclusive Classroom: The Effects of Color on Learning and Behavior;

Hurlock, Elisabeth B. 1988. Perkembangan Anak; Erlangga. Jakarta

Kartono, Dr. Kartini. 2007. Psikologi Anak (psikologi perkembangan); Mandar Maju. Bandung

Kristanto. 2010. Psikologi Bentuk (Online) (faculty.petra.ac.id, diakses tanggal 18 Maret 2014)

Kusumawardani, Endah. 2011. Buruknya Kesehatan Gigi dan Mulut; Siklus Hanggar Kreator. Jogjakarta

Oktaviani, K. (2014). Perancangan Sarana Toilet Training Bagi Anak-Anak; Usia 1,5-4 Tahun. Desain dan Manajemen Produk Ubaya; Tidak Diterbitkan

Pratiwi, Donna. 2007. Gigi Sehat : Merawat Gigi Sehari-hari; Kompas. Jakarta

Pratiwi, Donna. 2009. Gigi Sehat dan Cantik : Perawatan Praktis Sehari-Hari; Kompas. Jakarta

Rahmanto, Beny. 2010. Teknologi Perekatan Untuk Meningkatkan Produk Perkayuan Dengan Bahan Baku Kayu Diameter Kecil dan Limbah Kayu dari Hutan Rakyat;

Uli. 2013. Sebanyak 79% orang tua dan 85% anak di Indonesia tidak menyikat gigi (Online) (http://www.unilever.co.id diakses tanggal 5 Maret 2015)

Wong, Donna L. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol.1 Wong
Published
2017-03-01