PERANCANGAN OUTDOOR FURNITURE UNTUK MENINGKATKAN INTERKSI ANTAR REMAJA DI TAMAN KOTA DENGAN PENAMBAHAN FUNGSI PERMAINAN INTERAKSI

  • Angelina Natasya Desain dan Manajemen Produk / Universitas Surabaya
Abstract Views: 127 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 168 times
Keywords: Play, Interaction, City Park

Abstract

Abstrak - Saat ini, banyak remaja yang bersikap apatis dan menutup diri dari lingkungan dan sesamanya. berkembangnya teknologi membuat remaja-remaja ini menjadi pribadi yang tertutup dan memilih untuk berinteraksi melalui social media. Akibatnya, saat berada di lingkungan masyarakat, terutama di Taman Kota, mereka jadi cuek dan bersikap acuh tak acuh dengan sesama. Padahal taman kota itu sendiri memiliki fungsi selain menjadi keindahan kota, juga menjadi tempat berinteraksi untuk masyarakat. menurut Huizinga, manusia merupakan makhluk yang suka bermain. suatu interaksi tidak hanya terjalin melalui percakapan namun juga bisa melalui permainan. maka dari itu, penulis melakukan pengumpulan data di sejumlah taman kota di surabaya untuk mendapatkan hasil yang nantinya akan dibuat sebuah produk untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil perancangan merupakan prototype produk yang memiliki fungsi dan material yang sama dengan produk aslinya.

Kata Kunci: Bermain, Interaksi , Taman Kota

Abstract - Nowadays, many teenagers are apathetic and shut myself from the environment and each other. The development of technology make these teenagers become private enclosed and choose to interact through social media. According to Huizinga, humans are creatures who love to play. an interaction not only established through conversations but might also be through game. Therefore, the authors collected data in a city park in Surabaya to get the results that will be created a product to solve the problem. The results of the design is a prototype that has the same functionality and same materials with the original product.

Key Word: Play, Interaction, City Park

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baron & Byrne. (1994). Social Psychology : Understanding Human Interaction (6 th edition). USA: Needham Heights Allyn & Bacon Inc.

Budyatna, Muhammad & Ganiem, Leila Mona. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hurlock, Elizabeth. (1999). Psikologi Perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga

Hartono, Markus. Panduan Survei Data Antropometri. Jurusan Teknik Industri, Universitas Surabaya

Huizinga, Johan (1955). Homo ludens; A Study of the Play-Element in Culture. Boston: Beacon Press

John, Little. 2009. Theories Of Human Communication. Jakarta: Salamba Humanika.

Postell. J.(2007), Furniture Design : Introduction to Fruniture Design, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sutton-Smith, Brian (2001), The ambiguity of play, Cambridge, Mass.: Harvard University Press

Zoer’aini. 1997. Tantangan Lingkungan Dan Lansekap Hutan Kota. Jakarta : Cides.
Published
2017-03-01