PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR TERHADAP DAMPAK PARIWISATA SUROBOYO CARNIVAL NIGHT MARKET
Abstract
INTISARI - Penelitian mengenai Perspsi Masyarakat Terhadap Dampak Pariwisata ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap dampak pariwisata yang ditimbulkan dari tempat wisata Suroboyo Carnival Night Market. Adanya pembahasan mengenai persepsi masyarakat terhadap Suroboyo Carnival Night Market ini diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu dapat memahami dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan oleh tempat wisata, agar dapat mengatasi dampak negatif yang ada maupun mempertahankan dampak positif yang telah ada dari adanya Suroboyo Carnival Night Market. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 150 yang disebar pada masyarakat yang tinggal disekitar Suroboyo Carnival Night Market. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menampilkan tabel frekuensi berdasarkan kuesioner masyarakat. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel dampak yang diteliti, yaitu dampak ekonomi, sosial-budaya, dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki persepsi yang positif terhadap dampak ekonomi karena masyarakat memiliki peluang untuk membuka usaha, memperoleh pekerjaan, dan meningkatkan penghasilan rumah tangga. Persepsi masyarakat terhadap dampak sosial-budaya juga positif karena tidak mempengaruhi budaya masyarakat sehari-hari, dapat meningkatkan citra kota Surabaya, dan tidak menimbulkan kriminalitas. Persepsi masyarakat terhadap dampak lingkungan negatif, karena meningkatkan kemacetan lalu lintas dan banyak wisatawan yang datang.
Kata Kunci: persepsi masyarakat, dampak pariwisata
ABSTRACT - Research about the community perception on the Impact of Tourism is to determine the community perception of the impact of tourism generated from the tourist attractions Suroboyo Carnival Night Market. The discussion of the community perception of Suroboyo Carnival Night Market is expected to provide benefits, which can understand the positive and negative impacts caused by tourist attractions, in order to overcome the negative impact and maintaining the positive effects that have been there from Suroboyo Carnival Night Market. This study used a questionaire which has distributed to 150 peoples living around Suroboyo Carnival Night Market. The analysis used in this research is descriptive analysis by displaying the frequency table based on the community answer in questionaire. In this study, there are three variables of tourism impact, namely economic, sosio-economic, and enviromental. Results from this study indicate that the community has a positive perception of the economic impact because the community has the opportunity to build a business, find jobs, and increase household income. Community perception of the sosio-cultural impact is also positive, because it does not affect the day-to-day culture, can improve the image of Surabaya, and does not increase crimanility. Community has a negative perception of enviromental impact because it increase traffic jam and crowded because of many tourists are coming.
Keywords: community perception, tourism impact
Downloads
References
Best, John W, 1982, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Eshliki, Sajad Alipour dan Mahdi Kaboudi, 2012, Perception of Community in Tourism Impacts and Their Participation in Tourism Planning : Ramsar, Iran.
Faradina, Triska, 2007, Gambaran Persepsi Supir Bajaj Daerah Pangkalan Blok M Plaza Terhadap Keselamatan Berkendara di Jalan Raya Tahun 2007, Skripsi, Universitas Indonesia
Farobi, Fikri, 2014, Jurnal Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Kegiatan Pariwisata di Kota Bandung.
Gamal, 2002, Dasar - Dasar Pariwisata, Yogyakarta: Andi Offset.
Hair, dkk, 2006, Multivariate Data Analysis 6 Edition, New Jersey: Prentice Hall.
Irawan, Koko, 2010, Potensi Objek Wisata Air Terjun Sebagai Daya Traik Wisata di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kertas Karya, Program Pendidikan Non Gelar Pariwisata, Universitas Sumatera Utara
Kodhyat, 1983, Sejarah Pariwisata dan Pekembangannya di Indonesia, Jakarta: PT Gramedia.
Kusumaningrum, Dian, 2009, Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Daya Tarik Wisata di Kota Palembang. Tesis PS, Magister Kajian Pariwisata,
Universitas Gadjah Mada
Marpaung, Happy dan Herman Bahar, 2000, Pengantar Pariwisata, Bandung: Alfabeta.
Mulaik, A. Stanley, 2009, Linear Causal Modeling with Structural Equations Chapman & Hall/Crc Statistics in the Social and Behavioral Sciences Statistics in the social and behavioral sciences serie. CRC press.
Pitana, I Gede, 2006, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta, CV Andi Offset.
Pramitasari, Isna Dian, 2010, Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal Wisata Dieng Kabupaten Wonosoobo, Universitas Sebelas Maret
Prasilika, Tiara, 2007, Studi Persepsi Resiko Keselamatan Berkendara Serta Hubungan dengan Locus of Control Pada Mahasiswa FKM UI yang Mengendarai Motor Tahun 2007, Skripsi, Universitas Indonesia
Robbins, 1999, Perilaku Organisasi Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Sekaran, Uma, 2000, Research Methods for Business, A Akill-Building Approach. America: Third Edition, John Wiley & Sons, Inc.
Soekadijo, R.G, 1996, Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata Sebagai Systematic Linkage, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Spillane, James, 1987, Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prosepeknya, Yogyakarta: Kanisius.
_____________, 1994, Pariwisata Indonesia (Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan), Yogyakarta: Kanisius.
www.travel.kompas.com/read/2014/12/26/143722227/Perkiraan.Tren.Pariwisata.Indonesia.2015. diunduh pada 6 April 2015 pk. 12.50
www.indonesia.travel/id/news/detail/1155/trend-wisatawan- domestik-2014 diunduh pada 6 April 2015 pk. 12.45
www.economy.okezone.com/read/2013/10/05/320/876933/pentingnya-industri-pariwisata-untuk-ri di unduh pada 8 April 2015 pk. 12.27
www./ihtb.uc.ac.id/rekreasi-di-surabaya-aja/ diunduh pada 16 April 2015 pk. 23.12
www.news.detik.com/read/2012/08/01/085834/1980031/103/menjadikanpariwisata-pilar-ekonomi diunduh pada 17 April 2015 pk. 13.05
www.tempo.co/read/news/2014/03/06/202559869/Pariwisata-Indonesia-LampauiPertumbuhan-Ekonomi diunduh pada 16 April 2015 pk. 12.17
www.swa.co.id/business-research/pertumbuhan-sektor-perjalanan-dan-pariwisataindonesia-tertinggi-dibanding-negara-anggota-g20 diunduh pada 26 April
2015 pk. 17.39
www.dinkominfo.surabaya.go.id diunduh pada 27 April 2015 pk. 19.10
www.tourismeconomic.wordpress.com/2012/10/29/wisata-pariwisata-wisatawankepariwisataan-unsur-unsur-pariwisata diunduh pada 25 Mei 2015 pk. 16.43
www.buspariwisatasolo.com/blog/pariwisata-menghargai-dan-menguntungkansemua-pihak.html diundu pada 8 Agustus 2915 pk. 10.34
www.kompasiana.com/leilla/tak-hanya-mall-surabaya-juga-punya-suroboyocarnival_54f35a7a7455137d2b6c71b9 diunduh 8 Ags pk. 10.23
www.caretourism.wordpress.com/2014/01/05/perkembangan-wisman-jan-nov2013 diunduh pada 11 Agustus 2015 pk. 22.50
www.antarajatim.com/berita/150844/kunjungan-wisatawan-asing-ke- jatimmeningkat 14 agst 00.07
www.indonesia.travel/id/news/detail/1675/kunjungan-wisman-februari-2015-capai-rekor diunduh pada 14 Agustus pk. 00.46
www.jawapos.com/baca/artikel/5233/Surabaya-Carnival-Night-Market-Ditutup diunduh pada 14 Agustus 00.50
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.