MOTIVASI WISATAWAN SURABAYA BERBAGI PENGALAMAN WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Gerald Juliando Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 166 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 199 times
Keywords: social media, tourist, Sharing Motivation

Abstract

Intisari - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman berwisatanya saat berada di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali melalui media sosail. Media Sosial yang dipilih terbagi menjadi delapan jenis media sosial antara lain Instagram, Facebook, email, dll. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestic yang bertempat tinggal di Surabaya dan pernah melakukan perjalanan wisata di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali. Dipilihnya responden tersebut dimaksudkan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (obyektif). Aras yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis aras yaitu interval. Pengumpulan data berasal dari data primer yaitu dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel yang ditetapkan dalam peenelitian ini sejumlah 150 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,statistik deskriptif, dan tabulasi silang dengan statistic uji chi-square pada signifikansi 0,05 % (p<0,05) dengan menggunakan program SPSS 20.0 Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman wisatanya di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali melalui media sosial. Dimensi yang memiliki frekuensi setuju tertinggi adalah community-related motivations dengan pernyataan setuju tertinggi pada pernyataan saya ingin menolong orang lain.

Kata kunci: Media Sosial, Wisatawan, Sharing Motivation

Abstract - The purpose of this research is to encourages Surabaya tourist to share their experiences Java, Madura, and Bali through social media. There are eight types of social media such as instagram, facebook, email ect. Target market used in this research were domestic travelers who reside in Surabaya and had experience to travel outside Java, Madura and Bali. The intended respondent were choosen so that the information or collected data obtained consistent with the fact (objective). Aras used in this study using a type of cedar that interval. The collection of data derived from primary data by distributing questionnaires distributed to respondents. Sample set forth in this penelitian total of 150 respondents. Data processing method used in this study include use validity, reliability test, descriptive statistics and cross tabulation with the chi-square test statistic at 0.05% (p <0.05) using SPSS 20.0 This research showed that there is a motivation that encourages travelers to share their tourism experiences outside Java, Madura and Bali through social media. . Dimensions that have the highest agree frequency is community-related motivations with the highest agreed statement is I want to help others.

Keywords: social media, tourist and Sharing Motivation

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munar, AM, and Jacobsen, J.K.S, 2014, Motivation for Sharing Tourism Experiences Through Social Media, Tourism Management, Vol 43:46-54

Spillane, James.J. 1987. Pariwisata Indonesia (Sejarah dan Prospeknya). Yogyakarta : Kanisius

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset

Pendit, Nyoman S. 1981. Ilmu Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita.

Tim Jurusan Manajemen, 2016, Pediman Penulisan Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Surabaya.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis multivariate Dengan Program IBM SPSS 20 (edisi kelima) Semarang : Universitas Diponegoro.

Kaplan, Andreas M. ; Michael Haenlein, 2010, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons, 53(1): 59-68.

(https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/). Diunduh pada 20 April 2016

http://id.wikipedia.org/wiki/pariwisata. Diunduh pada 23 April 2016

http://id.wikipedia.org/wiki/pariwisata Diunduh pada 23 April 2016

http://jejakwisata.com/tourism-studies/tourism-in-general/111-definisipariwisata-dari-berbagai-sudut-pandang.html. Diunduh pada 28 April 2016

http://journal.umsida.ac.id/files/7.FANDRIANTOTOK.pdf. Diunduh pada 7 Mei 2016

http://lifestyle.okezone.com/read/2012/10/26/407/709610/keempat-kaliyogyakarta-raih-penghargaan-pariwisata-internasional. Diunduh pada 7 Mei 2016

http://print.kompas.com/baca/2016/04/12/Melepas-Penat-dengan-WisataSingkatDiunduh pada 7 Mei 2016

http://unic-jakarta.org/2016/01/19/pariwisata-internasional-capai-rekor-12-miliar-pada-tahun-2015-pbb-melaporkan/. Diunduh pada 14 Mei 2016

http://www.academia.edu/10699406/Media_Sosial_sebagai_sarana_aktualisasi_diri_perempuan diunduh pada 30 Juni 2016

http://www.daftarmenarik.com/2014/09/10-tempat-wisata-terpopuler-danterbaik-di-indonesia.html Diunduh pada 25 Mei 2016

http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/17980/2016/06/23/LayananKartu-Pos-Menurun . Diunduh pada 1 Juni 2016

http://www.kemenpar.go.id/pariwisata-indonesia-indonesian-tourism/ Diunduh pada 1 Juni 2016

http://www.kletravel.com/2016/02/pengertian-tujuan-dan-alasanberwisata_17.html. Diunduh pada 1 Juni 2016

http://www.medanbisnisdaily.com/news/arsip/read/2012/08/31/90434/penggunaan-internet-untuk-info-wisata-semakin-diminati/#.V3-FgM4eXdl. Diunduh pada 5 Juni 2016

http://www.negeripesona.com/2014/09/tempat-wisata-di-wilayah-diyogyakarta.html . Diunduh pada 7 Mei 2016

http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2015/09/03/340942/pertumbuhanpariwisata-indonesia-di-atas-malaysia-dan-singapuraDiunduh pada 10 Mei 2016

http://www.seoterpadu.com/2015/05/media-sosial-dengan-jumlahpengguna-terbanyak.htmlDiunduh pada 15 Juni 2016

http://www.viva.co.id/ramadan2016/read/473619-riset-turis-indonesiapengguna-internet-teraktif-di-dunia Diunduh pada 16 2016

https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata_di_Indonesia

https://www.maxmanroe.com/facebook-media-sosial-paling-banyakdigunakan-kaum-muda-indonesia.html. Diunduh pada 16 2016

www.karimunjawa.net/2013/09/sejarah-dan-definisi-wisata.html. Diunduh pada 23 April 2016

www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=3115 Diunduh pada 24 April 2016

www.landasanteori.com/2015/10-pengertian-pariwisata-definisijenis.htmlDiunduh pada 30 April 2016

www.lutfifiieanie.wordpress.com diunduh pada 30 Juni 2016

www.sandywarman.com/2015/01/pembelajaran-3-berbagai-karakterdan.html. Diunduh pada 3 Mei 2016

www.suryamalang.tribunnews.com diunduh pada 30 Juni 2016

www.trigonalmedia.com/2015/08/pengertian-media-sosial-menurutpara.htmlDiunduh pada 2 Mei 2016

http://sriwijaya-magazine.com/id/blog/wisata-2013-kawasan-timur-makinbersinar/ diunduh pada 2 juli 2016

http://kemenpar.go.id/userfiles/file/440_1257-pembangunansektorwisata1.pdf. Diunduh pada 2 juli 2016

http://myanwyn.blogspot.co.id/2015/10/catatan-perjalanan-ke-aceh.html. Diunduh Pada 28 mei 2016

https://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g1076278-d3200100-r381700568-Derawan_ArchipelagoDerawan_Islands_East_Kalimantan_Kalimantan. diunduh pada 28 Mei 2016

https://www.instagram.com/p/BGTgha4Gohc/?takenby=ebbie.vebriadrian&hl=en Diunduh pada 28 mei 2016

https://www.instagram.com/p/BINCKKDArKz/?takenby=hafiedzuk23&hl=enDiunduh pada 28 mei 2016

https://twitter.com/saidalfitrah/status/737130257484898304. Diunduh pada 28 mei 2016

https://www.youtube.com/watch?v=jnN5xJ8wp8s . Diunduh pada 28 mei

https://path.com/moment/2vzZdE. Diunduh pada 28 mei 2016

https://www.facebook.com/BarondaMaluku/. Diunduh pada 28 mei 2016

https://www.facebook.com/search/top/?q=explore%20indonesia%20video. Diunduh pada 28 mei 2016

https://www.scribd.com/document/246507405/Rippda-Lapdal-Libre. Diunduh pada 25 mei 2016
Published
2017-03-01