PERENCANAAN SUKSESI PADA TOSERBA ‘X’ DITINJAU DARI FAMILY SYSTEM, MANAGEMENT SYSTEM DAN OWNERSHIP SYSTEM

  • Fendy Jauwalatta Magister Manajemen / Universitas Surabaya
  • Noviaty Kresna Darmasetiawan Magister Manajemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 151 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 436 times
Keywords: Perusahaan keluarga, Family System, Management System, Ownership System

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengeksplorasi perencanaan suksesi yang ditinjau dari fase Family System yang melihat tentang nilai – nilai dan budaya, komunikasi dan kepercayaan, dan konflik perusahaan. Fase Management System melihat tentang perencanaan dan konsultan bisnis atau penasehat. Kemudian Ownership System yang berfokus pada kesiapan calon suksesor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-eksploratori dengan subyek penelitiannya adalah dua orang pemimpin puncak dan satu orang calon suksesor, di sini terjadi pergantian kepemimpinan sebagian. Hasil penelitian menunjukan, dari fase Family System, perusahaan ini memiliki nilai-nilai dan budaya keluarga yang sangat kuat mengenai manajemen dan disiplin, kemudian kejujuran dan saling menghormati. Namun terdapat dualisme kepemimpinan dan perbedaan pendapat yang terjadi di antara para pemimpin. Pada Management System, dijelaskan bahwa tidak terdapat pembagian kerja yang sistematis yang dilakukan oleh kedua pemimpin, tidak memiliki dewan keluarga maupun penasehat keluarga. Padahal pembentukan penasehat keluarga, dapat mengatasi dualisme kepemimpinan. Terakhir pada Ownership System, dijelaskan bahwa calon suksesor sedang menjalani proses pendidikan tinggi dengan mengikuti kesibukan dalam kegiatan organisasi yang tersedia. Pada program pelatihan, kedua pemimpin telah mempersiapkan strategi dengan melakukan transfer pengetahuan melalui penempatan posisi calon suksesor dari bawah dan merata dengan pengawasan intensif yang dilakukan oleh para pemimpin.

Kata kunci: Perusahaan keluarga, Family System, Management System, Ownership System

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assanto dan Mustamu, 2014. Perencanaan Suksesi Pada Perusahaan Keluarga PT. Indoraya Sekaye Di Surabaya, Jurnal Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 2, No. 2

Amirin, Tatang M. 2009. Penelitian eksploratori (eksploratif). tatangmanguny.wordpress.com/2009/05/04/penelitianeksploratorieksploratif/ (Diakses tanggal 02 November 2015).

Astrachan, Joseph H. dan McMillan, Kristi S. 2003. Conflict and Communication in the Family Business. Georgia: Family Enterprise Publishers.

Bungin, B. 2007. Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi dan kebijakan. Jakarta: Kencana.

Bungin, B. 2007. Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Efferin, Sujoko dan Hartono, Monika S.. 2015. Management control and leadership styles in family business. Journal of Accounting & Organizational Change: Vol. 11 No. 1 pp. 130-159.

Efferin, Sujoko. Stevanus Hadi Darmadji, Yuliawati Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena Dengan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Hartanto, 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nilai Dengan Bertumpu Pada Kebajikan dan Potensi Insani, Bandung: PT Mizan Pustaka.

Hall, Anika, Mattias Nordqvist. 2008. Professional Management in Family Businesses: Toward an Extended Understanding. Family Business Review. vol. XXI, no. 1, March, pp. 51-68.

Hees, Edward D. 2006. The Successful Family Business. United States of America: Praeger Publisher.

Hoover, Edwin A dan Hoover, Colette Lombard. 2000. Akrab dan Harmonis dalam Bisnis Keluarga: Meningkatkan Kecerdasan Hubungan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hantoro, 2014. Analisa Sistem Perusahaan Keluarga Di Dalam Perusahaan PT. Wijaya. Jurnal Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 2, No. 2

Ismail, Noraini dan Mahfodz, Ahmad Najmi. 2000. Succession planning in family firms and its implication on business performance. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability (Desember 2009). ProQuest Database. Petra Christian University Library, Surabaya, Indonesia.search.proquest.com/docview/213639562?accountid=45762 (Diakses tanggal 21 Maret 2014).

Kansil, C. 2001. Hukum Perusahaan Indonesia (Bagian 2). Jakarta: Pradnya Paramita.

Koeswono dan Mustamu, 2014. Perencanaan Suksesi Pada Perusahaan Jamu. Jurnal Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 2, No. 1.

Leach, Peter. 2007. Family Business The Essential Great Britain: Profile Books Ltd.

Machfoedz, M. & Machfoedz, M. 2002. Kewirausahaan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

MalaysiaWills. 2012. Three Circle Model of Family Business. malaysiawills.com/malaysia-will-blog/page/7/ (Diakses tanggal 05 Oktober 2015).

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2002. Metodologi penelitian kwalitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moelyono, 2005. Budaya Organisasi Dalam Tantangan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Moelyono, 2005. Good Corporate Culture Sebagai Inti GCG, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Moelyono dan Sudjatmiko, 2007. Corporate Culture: Challenge To Excellence, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Neuman, W.L. 2003. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. (4th Ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. books.google.co.id (Diakses tanggal 21 Maret 2014)

Poza, Ernesto J. 2010. Family Business, 3 rd Edition. South-Western.

Raharjo, Sahid. 2013. Wawancara Sebagai Metode Pengumpulan Data. http://www.konsistensi.com/2013/04/wawancara-sebagai-metodepengumpulan.html (Diakses pada tanggal 8 Oktober 2015)

Rubin, A; Babbie E. 2001. Research Methods for Social Work (3rd Ed.). California: Brooks/Cole Publishing Company

Sharma, Pramodita; Chua, Jess H; Chrisman, James J. Perceptions about the extent of succession planning in Canadian family firms. Canadian Journal of Administrative Sciences (September 2000). ProQuest Database. Petra Christian University Library, Surabaya, Indonesia. search.proquest.com/docview/204873888?accountid=45762 (Diakses tanggal 21 Maret 2014).

Sugiyono. 2010. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, A. B. 2005. World Class Family Business. Managing Partner The Jakarta Consulting Group. Maret 2005. books.google.co.id (Diakses tanggal 22 Maret 2014)

Sutanto, A. B., Susanto, P., Wijanarko, H., & Mertosono, S. 2007. The Jakarta Consulting group on family business. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Susanto, 2005. World Class Family Busines, Jakarta: PT Mizan Pustaka

Sudibyo, (2014). Tahapan, Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Perencanaan Suksesi Kepemimpinan Generasi Ke-Tiga Pada Perusahaan Keluarga PT. Lubrical Suga Sejahtera Di Pasuruan, Jurnal Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 2, No. 2

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, 2007. Manajemen Publik, Jakarta: PT Grasindo

Umar, H. 2007. Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Umar, 2003. Husein Umar: Lektor Kepala dan Business Reseach Specialist, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, 2005. Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ward, J.L., dan Aronoff, C.E. 2002. Just What is A Family Business. Dalam

Aronoff, C.E. (2002). Family Business Scorebook. Marietta: Family Enterprise Publisher.

Widyasmoro, T. Tjahjo. 2008. Bisnis Keluarga - Suksesi atau cukup 3 Generasi. Majalah Intisari. April.

Wikipedia. Wawancara. https://id.wikipedia.org/wiki/Wawancara (Diakses pada tanggal 8 OKtober 2015).
Published
2017-03-01