PEMBUATAN APLIKASI INTERAKTIF PENGENALAN WISATA KOTA SURABAYA
Abstract
Abstraksi - Seiring dengan perkembangan teknologi, sebuah aplikasi dapat sekaligus melakukan berbagai macam hal yang dibutuhkan oleh penggunanya, dan dapat dikreasikan dengan menampilkan isi yang menarik sehingga pengguna dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Saat ini mulai banyak aplikasi yang menarik secara tampilan dan dapat berinteraksi dengan pengguna baik secara online maupun offline. Salah satu yang dapat dilakukan oleh sebuah aplikasi interaktif adalah memberikan informasi untuk memperkenalkan wisata sebuah kota. Dan salah satu kota terbesar di Indonesia adalah Surabaya, dimana di kota ini memiliki tempat-tempat yang bersejarah dan lokasi wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan luar maupun warga Surabaya sendiri. Namun tidak banyak orang yang mengetahui potensi wisata yang dimiliki oleh kota Surabaya, meskipun itu penduduk kota Surabaya sendiri. Karena informasi yang ada hanyalah berupa visual seperti foto dan video yang kurang menarik untuk disajikan, serta sumber informasi tentang wisata Surabaya yang hanya ada di internet, brosur , dan buku katalog yang tersebar kurang menarik. Dan tidak terdapatnya suatu wadah yang dimana semua jenis informasi wisata kota Surabaya dijadikan satu, sehingga hal ini yang menyebabkan kota Surabaya perlu diciptakan suatu media berupa aplikasi yang interaktif dan infromasi yang cukup lengkap dengan harapan dapat menarik perhatian wisatawan yang ingin mengenal dan lebih tahu wisata yang ada di kota Surabaya.
Downloads
References
Suleiman, A.H. (1981) Media Audio Visual : Untuk Pengajaran dan Penyuluhan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Venus.
Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Akbar, M.A. (2008) Making Educational Animation Using Flash. Bandung: Informatika Bandung.
Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Surabaya. 2015. Profil kota Surabaya Tahun 2015. http://dinkominfo.surabaya.go.id/dki.php?hal=30. (Diakses bulan November 2015)
Hoffsetter, F.T (2001) Multimedia Literacy. Indiana University : McGraw-Hill
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.