PENYUSUNAN MODUL “GURU PEDULI AGRESIVITAS SISWA” (GPAS)
Abstract
Abstrak Perilaku agresi yang terjadi di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) semakin banyak terjadi, namun masih banyak guru yang belum mampu menangani perilaku ini dengan cara yang efektif. Di sisi lain, perilaku agresi yang dilakukan oleh siswa harus ditangani sedini mungkin agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi siswa, keluarga, dan sekolah. Fokus penelitian ini adalah menyusun modul untuk menambah pemahaman guru mengenai perilaku agresi dan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk menanganinya. Perilaku agresi yang ditangani berbentuk fisik maupun verbal, dan tidak tergolong dalam kategori gangguan klinis. Modul disusun berdasarkan prinsip behavioristik-kognitif, dan analisis kebutuhan guru yang berhadapan dengan perilaku agresi siswa setiap harinya. Modul ini diuji kelayakannya oleh pakar, dan 3 orang guru kelas 2, 3, dan 4 SD sebagai partisipan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis isi. Asesmen dilakukan di SDN X, sebuah sekolah yang berada di pinggiran kota Surabaya, dengan mayoritas siswa dari latar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Hasil asesmen menunjukkan bahwa guru memiliki beberapa keyakinan yang kurang sesuai mengenai perilaku agresi siswa, yaitu sikap yang cenderung apatis dan anggapan bahwa perilaku agresi adalah hal yang wajar. Modul Guru Peduli Agresivitas Anak (GPAS) dapat membantu guru untuk memiliki pemahaman yang benar mengenai perilaku agresi, dan cara menanganinya. Guru dapat menyadari bahwa perilaku agresi adalah permasalahan yang harus ditangani sedini mungkin dengan cara yang benar, bukan dengan pengabaian dan respon menggunakan perilaku agresi, seperti yang selama ini guru lakukan. Modul membahas strategi penanganan yang bersifat praktis dan dapat diaplikasikan oleh guru sehari-hari. Modul juga dapat membantu guru untuk menjalin kerjasama dengan orangtua, sehingga penanganan perilaku agresi dapat dilakukan secara optimal.
Kata kunci: Modul, Perilaku Agresi
Downloads
References
Anurit, P.J., Pornpatcharapong, W., Chongpakdeepong, S., Sataman, K. (2011). Influences of social media on the use of thai language. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. (1), 2.
Baron, R.A., Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
Berk, L.E., (2000). Child Development. USA: Pearson
Bredekamp, S., Copple, C. (1997). Developmentally Appropriate Practice In Early Childhood Programs. USA: National Association for the Education of Young Children
Harriss J.R., Liebert, R.M (1984). The Child: Development From Birth Through Adolescence. USA: Prentice-Hall
Haugaard, J.J. (2008). Child Psychopathology. New York: McGrawHill
Huessman, L.R., Titus, J.M., Podolski, C.L., Eron, L.D. (1992). Longitudinal Relations Between Children's Exposure to TV Violence and Their Aggressive and Violent Behavior in Young Adulthood. Developmental Psychology. (39), 201-221
Meece, J.L., Daniels, D.H. (2008). Child & Adolescent Development For Educators. New York: McGraw-Hill
Moynahan, L. (2003). Enhanced Aggression Replacement Training with Children and Youth with Autism Spectrum Disorder. Reclaiming Children and Youth. (12), 174-180
Myers, D.G., (1996). Social Psychology. New York: McGrawHill Ormrod, J.E. (2011). Educational Psychology: Developing Learners. USA: Pearson Risi, S.,
Gerhardstein, R., & Kistner, J. (2003). Children’s Classroom Peer Relationships And Subsequent Educational Outcomes. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology. (32), 351–361
Ross, A.O. (1980). Psychological Disorders of Children. New York: McGraw-Hill
Santrock, J.W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika
Soebijoto, H. (7 Maret 2012). Tawuran Sudah Merembet Ke Siswa SD. Kompas. Diunduh dari http://regional.kompas.com/read/Tawuran.Sudah.Merembet.ke.Siswa.SD%20diakses%20tanggal%205%20Oktober%2012
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara
Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.