PENYUSUNAN MODUL “GURU PEDULI AGRESIVITAS SISWA” (GPAS)

  • Eprilike Febe Noselya Magister Psikologi Profesi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 67 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 105 times
Keywords: Modul, Perilaku Agresi

Abstract

Abstrak Perilaku agresi yang terjadi di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) semakin banyak terjadi, namun masih banyak guru yang belum mampu menangani perilaku ini dengan cara yang efektif. Di sisi lain, perilaku agresi yang dilakukan oleh siswa harus ditangani sedini mungkin agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi siswa, keluarga, dan sekolah. Fokus penelitian ini adalah menyusun modul untuk menambah pemahaman guru mengenai perilaku agresi dan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk menanganinya. Perilaku agresi yang ditangani berbentuk fisik maupun verbal, dan tidak tergolong dalam kategori gangguan klinis. Modul disusun berdasarkan prinsip behavioristik-kognitif, dan analisis kebutuhan guru yang berhadapan dengan perilaku agresi siswa setiap harinya. Modul ini diuji kelayakannya oleh pakar, dan 3 orang guru kelas 2, 3, dan 4 SD sebagai partisipan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis isi. Asesmen dilakukan di SDN X, sebuah sekolah yang berada di pinggiran kota Surabaya, dengan mayoritas siswa dari latar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Hasil asesmen menunjukkan bahwa guru memiliki beberapa keyakinan yang kurang sesuai mengenai perilaku agresi siswa, yaitu sikap yang cenderung apatis dan anggapan bahwa perilaku agresi adalah hal yang wajar. Modul Guru Peduli Agresivitas Anak (GPAS) dapat membantu guru untuk memiliki pemahaman yang benar mengenai perilaku agresi, dan cara menanganinya. Guru dapat menyadari bahwa perilaku agresi adalah permasalahan yang harus ditangani sedini mungkin dengan cara yang benar, bukan dengan pengabaian dan respon menggunakan perilaku agresi, seperti yang selama ini guru lakukan. Modul membahas strategi penanganan yang bersifat praktis dan dapat diaplikasikan oleh guru sehari-hari. Modul juga dapat membantu guru untuk menjalin kerjasama dengan orangtua, sehingga penanganan perilaku agresi dapat dilakukan secara optimal.

Kata kunci: Modul, Perilaku Agresi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2005). Penghakiman massa. Jakarta: Accompli Publishing

Anurit, P.J., Pornpatcharapong, W., Chongpakdeepong, S., Sataman, K. (2011). Influences of social media on the use of thai language. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. (1), 2.

Baron, R.A., Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Berk, L.E., (2000). Child Development. USA: Pearson

Bredekamp, S., Copple, C. (1997). Developmentally Appropriate Practice In Early Childhood Programs. USA: National Association for the Education of Young Children

Harriss J.R., Liebert, R.M (1984). The Child: Development From Birth Through Adolescence. USA: Prentice-Hall

Haugaard, J.J. (2008). Child Psychopathology. New York: McGrawHill

Huessman, L.R., Titus, J.M., Podolski, C.L., Eron, L.D. (1992). Longitudinal Relations Between Children's Exposure to TV Violence and Their Aggressive and Violent Behavior in Young Adulthood. Developmental Psychology. (39), 201-221

Meece, J.L., Daniels, D.H. (2008). Child & Adolescent Development For Educators. New York: McGraw-Hill

Moynahan, L. (2003). Enhanced Aggression Replacement Training with Children and Youth with Autism Spectrum Disorder. Reclaiming Children and Youth. (12), 174-180

Myers, D.G., (1996). Social Psychology. New York: McGrawHill Ormrod, J.E. (2011). Educational Psychology: Developing Learners. USA: Pearson Risi, S.,

Gerhardstein, R., & Kistner, J. (2003). Children’s Classroom Peer Relationships And Subsequent Educational Outcomes. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology. (32), 351–361

Ross, A.O. (1980). Psychological Disorders of Children. New York: McGraw-Hill

Santrock, J.W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika

Soebijoto, H. (7 Maret 2012). Tawuran Sudah Merembet Ke Siswa SD. Kompas. Diunduh dari http://regional.kompas.com/read/Tawuran.Sudah.Merembet.ke.Siswa.SD%20diakses%20tanggal%205%20Oktober%2012

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara

Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana
Published
2017-03-01