PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI INDONESIA, 2004-2013

  • Livia Meydi Tanihardjo Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 92 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 103 times
Keywords: FDI, growth, Indonesia's economy, Multiple regression, growth models

Abstract

Intisari - Pertumbuhan ekonomi merupakan perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi untuk diberikan pada masyakat dan kemakmuran masyarakat menjadi meningkat. Dari waktu ke waktu berikutnya, kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh faktor produksi yang selalu mengalami pertambahan dalam jumlah dan kualitasnya. Di Indonesia, penanaman modal asing berpengaruh paling signifikan terhadap produk domestik bruto meskipun banyak variabel yang berpengaruh. Berdasarkan dari 12 paket kebijakan ekonomi, yang paling berpengaruh dominan terhadap penanaman modal di indonesia adalan paket kebijakan ekonomi mengenai infrastruktur. Meskipun infrastruktur sangat berpengaruh di Indonesia, tidak semua lokasi di Indonesia itu dapat digunakan untuk lokasi penanaman modal dikarenakan oleh faktor budaya, kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan untuk dibangun usaha, dll. Pengaruh positif penanaman modal asing terhadap produk domestik bruto dapat meningkatkan investor asing dan investor domestik untuk menginvestasikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara.

Kata kunci: FDI, pertumbuhan, perekonomian Indonesia, Multiple regresi, pertumbuhan model

Abstract – Economic growth is the development of activities in the economy that led to the goods and services produced to give to society and prosperity of society to be increased. From time to time the next, the ability of a country to produce goods and services will increase. It is caused by factors of production which always increase in number and quality. In Indonesia, foreign investment the most significant effect on the gross domestic product despite the many variables. Based on 12 economic policy package, the most dominant influence on investment in Indonesia adalan economic policy package on infrastructure. Although the infrastructure is very influential in Indonesia, not all locations in Indonesia that could be used for capital investment location due to cultural factors, environmental conditions do not allow it to be built businesses, etc. The positive influence of foreign direct investment to gross domestic product could increase foreign investors and domestic investors to invest in order to increase state revenues.

Keyword: FDI, growth, Indonesia's economy, Multiple regression, growth models

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kuncoro, Mudrajad. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kurniati et al. 2007. Determinan FDI: Faktor-faktor yang menentukan Investasi Asing Langsung. Jakarta: Bank Indonesia.

Mankiw, N. Gregory. 2009. Makroekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan Edisi 2. Jakarta: Kencana.

Susanto, Antonius. 2008. Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandala.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2008. Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Badan Pusat Statistik. 2010. Pendekatan untuk menghitung PDB. .https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/11#subjekViewTab2. Diakses pada 10 Februari 2016.

Bappenas. 2015. Menata Perubahan Mewujudkan Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan Berkeadilan Pencapaian Kinerja Pembangunan KIB I dan II. http://www.bappenas.go.id/files/4014/2056/6881/Lampid_2009.pdf. Diakses pada 5 Mei 2016.

Bappenas. 2016. Paket Kebijakan Ekonomi. www.bappenas.go.id/id/data-daninformasi-utama/publikasi/paket-kebijakan-ekonomi. Diakses pada 8 Juli 2016.

Natali, Denicha Alviana. 2014. Pengaruh, Dampak, serta Faktor yang Mempengaruhi Penanaman Modal Asing terhadap Perkembangan Ekonomi di Indonesia. https://denichaalviana.wordpress.com/2014/04/18/pengaruh-dampak-sertafaktor-yang-mempengaruhi-penanaman-modal-asing-terhadapperkembangan-ekonomi-di-indonesia/. Diakses pada 15 Mei 2016.

Tambunan, Tulus dan KADIN Indonesia. 2015. Daya Saing Indonesia dalam Menarik Investasi Asing. http://www.kadinindonesia.or.id/enm/images/dokumen/KADIN-98-2495-06022008.pdf. Diakses pada 10 Mei 2016.
Published
2017-03-01