PEMBUATAN SISTEM REKOMENDASI DAN PENJUALAN PAKET WISATA DI "X" TOUR AND TRAVEL

  • Ericko Primayudha Jurusan Teknik Informatika / Universitas Surabaya
Abstract Views: 101 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 91 times
Keywords: sistem rekomendasi, sistem penjualan, paket wisata, slope one

Abstract

ABSTRAK “X” Tour and Travel adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan paket wisata. Saat ini proses penawaran dan penjualan paket wisata yang ada yaitu dengan sistem sms dan email. Mula-mula pihak travel menawarkan paket travel melalui email atau sms jika calon pembeli berminat, maka calon pembeli langsung melakukan proses booking untuk paket tersebut melalui telepon atau mendatangi langsung kantor “X” Tour and Travel. Masalah yang seringkali para calon pembeli datang tanpa rencana perjalanan sehingga menghabiskan cukup banyak waktu dalam memilih paket wisata yang ditawarkan. Sistem penjualan yang digunakan “X” Tour and Travel sekarang masih manual sehingga mengharuskan calon pembeli untuk datang langsung ke lokasi kantor travel maupun harus menghubungi via telepon. Pada tugas akhir ini, melihat dari permasalahan-permasalahan yang ditemui di sistem yang sedang berjalan di “X” Tour and Travel, akan dibuat sebuah sistem rekomendasi yang dapat memberikan rekomendasi paket wisata kepada setiap user dengan menggunakan algoritma yang termasuk dalam metode collaborative filtering yaitu slope one. Sistem penjualan yang dapat memfasilitasi calon pembeli untuk melakukan proses pemilihan paket dan pemesanan paket serta membantu staf administrasi travel dalam menginput penawaran paket serta memproses pemesanan juga akan dibuat untuk sistem ini. Pada tahap uji coba dan evaluasi, program ini akan dicoba oleh beberapa calon pembeli, operational manager di “X” Tour and Travel dan tiga orang admin di “X” Tour and Travel guna memastikan bahwa program sudah memenuhi kebutuhan sistem. Kesimpulan dari pembuatan sistem rekomendasi dan penjualan ini adalah sistem ini dapat membantu calon pembeli untuk memilih paket wisata dan melakukan proses pemesanan serta membantu staf admin untuk mengolah paket wisata dan memproses pembayaran yang telah dilakukan pembeli.

Kata kunci: sistem rekomendasi, sistem penjualan, paket wisata, slope one

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elmasri, R. & Navathe, S.B. (2004). Fundamentals of Database Systems (4th Ed).New Jersey: Pearson Education

Hariyanti E, Document Flow Diagram dalam Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Diakses pada 13 April 2016, dari http://evahariyanti-fst.web.unair.ac.id/

Lemire D, MacLachlan A. (2005) Slope One Predictors for online rating-based collaborative filtering.SIAM Data Mining (SDM'05).

Ricci F. et al. (2008). Recommender Systems Handbook (1st Ed).Rome, Italy: Springer

Tuzhlin A. et al. (2009) Context-Aware Recommender Systems. Handbook on Recommender Systems.
Published
2017-03-01