AKUNTANSI UNTUK INDUSTRI MUSIK PERHITUNGAN BIAYA DAN PENENTUAN HARGA OLEH CV. CHGB RECORD

  • Shiela Sagita Salim Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 161 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1047 times
Keywords: Akuntansi Biaya, Industri Musik, Industri Manufaktur

Abstract

Abstrak - Perhitungan Biaya yang tepat berguna untuk menentukan harga jual agar dapat bersaing di dunia bisnis. Namun, bagaimana jika industri ini sangat tidak mampu mempengaruhi pasar karena adanya sensitivitas harga pada pembeli. Disamping itu, industri ini memiliki faktor ketidakpastian yang sangat tinggi. Faktor ketidakpastian itu disebabkan besarnya faktor selera, familiarity, dan keterbukaan pendengar terhadap suatu hal yang baru akan mempengaruhi kepuasan mereka dalam mendengarkan musik. Kepuasan ini akan mendorong pendengar untuk terus mendengarkan dan mengkonsumsi lagu tersebut. Tingginya faktor ketidakpastian ini, membuat seorang produser harus memiliki pengalaman atau feeling sehingga mampu mengetahui kondisi pasar dan mampu menggambarkan apa keperluan dari pasar. Menurut International Federation of the Phonographic Industry’s (IFPI) dalam Diana Dellyana (2014) melaporkan bahwa adanya penurunan dari penjualan industri musik rekaman menurun 3% dari USD 16.8 miliar ditahun 2010 menjadi USD 16.3 miliar di tahun 2011. Penurunan ini disebabkan oleh music practice sharing yang di sebabkan adanya digitalization. Adanya pengaruh teknologi membuat produserpun mulai berpindah ke arah industri musik digitalization. Namun, untuk pangsa pasar CV CHGB record, produser enggan beralih ke digital dan tetap memilih penjualan melalui album fisik atau yang disebut industri musik tradisional. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas mengenai faktor dan alasan dari produser CV CHGB dapat tetap bertahan pada industri ini dengan wawancara mendalam. Penelitian ini juga akan menggambarkan bagaimana pertanggung jawaban dan pertimbangan atas perhitungan biaya ketika album yang dihasilkan memiliki sumber daya yang berbeda tetapi memiliki harga yang sama.

Kata Kunci: Akuntansi Biaya, Industri Musik, Industri Manufaktur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bourreau, Marc., Michel Gensollen., and Francois Moreau. 2007. Recorded and Digital Music : Likely scenarios for the Industry’s Development. Culture Strategic Forensight – Production, Distribution, and Market.

Bridgstock, Ruth. 2011. Skills for Creative Industries Graduate Success. Emerald Insight Education + Trainning, Vol 53 lss 1 pp.9-26.

Dellyana, Dina., dan Togar M. Simatupang. 2014. Existing Music Business Model in Indonesia in Search of New Income Source. Procedia – Social and Behavioral Sciences 115 : 407-414.

Duhigg, Charles. 2013. The Power of Habit cetakan ke tujuh. Kepustakaan Populer Gramedia : Jakarta, Indonesia

Gerungan, Faisal Vero. 2013. Penyidikan Terhadap Plagiat Karya Musik dan Lagu di Indonesia. Lex Privatum, Vol 1 No. 4.

Graham, Gary., and Bernard Burnes. 2004. The Transformsation of The Music Industry Supply Chain. A major label prespective. International Journal of Operation and Production Management, Vol 24 lss 11 pp.1087-1103.

Hadida, Allegre L., and Thomas Paris. 2014. Managerial Cognition and The Value Chain in The Digital Music Industry. ScienceDirect Technological Forecasting and Social Change 83 page 84-97.

Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen. 2013. Akuntansi Manajerial buku 1 edisi 8. Salemba Empat : Jakarta, Indonesia.

Horngren, Charles T., Srikant M., dan George Foster. 2008. Akuntansi Biayadengan Penekanan Manajerial edisi keduabelas. Penerbit Erlangga :
Jakarta, Indonesia.

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. 2015. Laporan Kinerja Kementrian Pariwisata tahun 2014. Halaman 98.

Mursyidi. 2008. Akuntansi Biaya. PT.Rafika Aditama : Bandung, Indonesia Pangestu, Mari Elka. 2008. Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Halaman 284-323.

Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Standard Program Siaran.

Romney, Marshal B., dan Steinbart, Paul John. 2005. Accounting Information Systems buku dua edisi 9. Salemba Empat : Jakarta, Indonesia.

Sakrie, Denny. 2015. 100 Tahun Musik Indonesia. Gagas Media : Jakarta Selatan, Indonesia.

Tavani, Jean Louis.,Xavier Caroff., Matin Storme., and Julie Collange., 2015. Familiarity and Liking for Music : The Moderating Effect of Creative Potential and What Predict the Market Value. ScienceDirect Learning and Inividual Differences.

Tjiptono, Fandy. 2014. Branding and Brand Longevity. Penerbit Andi: Yogyakarta, Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.

Wiryono, Sudarso Kaderi., Harry Susaty., Suryo Utomo., dkk. 2015. Risk Mapping on Dynamics Creative Industry : Case Study at Bandung City, Indonesia. Procedia-Social and Behavioral Science 169 : 125-130.

Okezone. 2012. Amerika Punya Lembaga Sensor Lagu “Porno”, Indonesia?. http://celebrity.okezone.com/read/2012/03/02/386/585805/amerika-punyalembaga-sensor-lagu-porno-indonesia (diunduh tanggal 30 Oktober 2015).

MetroTvNews. 2015. Risma Ingin Indonesia Maju dari Manusia Kreatif. http://news.metrotvnews.com/read/2015/08/08/155655/risma-inginindonesia-maju-dari-manusia-kreatif. (diunduh tanggal 19 Agustus 2015).

MetroTv News. 2015. Cara Risma Dorong Industri Kreatif di Surabaya. http://news.metrotvnews.com/read/2015/08/08/419282/cara-risma-dorongindustri-kreatif-di-surabaya. (diunduh tanggl 19 Agustus 2015).

Republikaonline. 2014. Kadin Tagih Janji Jokowi Soal Kementrian Ekonomi Kreatif. http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/10/22/ndujtekadin-tagih-janji-jokowi-soal-kementerian-ekonomi-kreatif. (diunduh tanggal 19 Agustus 2015).

BBC Indonesia. 2012. Demam K-pop menlanda Malaysia. http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2012/07/120703_malaysia_kpop.shtml. (diunduh tanggal 13 Oktober 2015).

Bisnis Tempo. 2015. Kepala BSN Gencarkan Pentingnya Produk SNI pada Pengusaha.http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/05/18/092666978/kepala-bsn-gencarkan-pentingnya-produk-sni-pada-pengusaha. (diunduh tanggal 13 Oktober 2015).

Youtube. 2013. How to Make it – Music Industry with Nick Gatfield, Sony Music. https://www.youtube.com/watch?v=YBEV5IjwR5g. (diunduh tanggal 15 Oktober 2013)
Published
2017-09-01