IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK PADA PT. ASLI RODA CIPTAPRIMA DI SURABAYA

  • William Tjahyadi Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 208 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 239 times
Keywords: Quality, Quality Control, Statistical Methods

Abstract

Intisari - PT. Asli Roda Ciptaprima (ARC) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang vulkanisir ban. Perusahaan ini telah banyak bekerja sama dengan perusahaan besar lain seperti PT. Indorubber Semarang, PT. Grandpix Gresik, hingga New Era Company Singapura. Dalam menjalankan kegiatan produksi, perusahaan selalu berupaya untuk menghasilkan produk yang lebih baik dalam mengurangi kecacatan produk dengan menetapkan batas toleransi kecacatan tidak lebih dari 1%. Tetapi pada kenyataannya di dalam proses produksi menunjukkan adanya tingkat kecacatan yang melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengendalian kualitas dengan metode statistik pada proses produksi ban vukanisir ukuran 750- 16 pada PT. Asli Roda Ciptaprima (ARC). Pengendalian kualitas dilakukan menggunakan metode statistika berupa check sheet, histogram, diagram pareto, analisis control chart (p-chart), analisis diagram sebab-akibat, dan analisis Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kecacatan separasi lapisan, envelope bocor, ban dalam kempis, tread kembung, hingga salah tempel tread. Diagram Pareto diperlukan untuk mengetahui jenis cacat yang paling sering terjadi di dalam proses produksi. Diagram Sebab-Akibat akan menunjukkan permasalahan atau sebab dan akibat dari suatu permasalahan yang terjadi dari suatu proses produksi. Setelah itu, PT. Asli Roda Ciptaprima (ARC) menggunakan Failure Mode Effect Analysis diperoleh nilai RPN ( Risk Priority Number ) yaitu nilai yang akan menjadi resiko untuk dipilih menjadi prioritas utama dalam perbaikan.

Kata kunci: Kualitas, Pengendalian Kualitas, Metode Statistika

Abstract - PT. Asli Roda Ciptaprima (ARC) is a retreaded tires company. This company has a lot of cooperation with other major companies such as PT. Indorubber Semarang, PT. Grandpix Gresik until New Era Company from Singapore. In the course of production, the company always try to produce products that are better with reducing product defects and setting the tolerance limit of disability not more than 1%. In fact, the process of production indicates that level of disability exceeds a predetermined tolerance. The purpose of this research is to implement quality control with statistical methods in production process retreaded tires size 750-16 on this company. Quality control using statistical methods such as Check Sheet, Histogram, Pareto Diagram, Control Chart Analysis (p-chart), Cause-effect Diagram Analysis, and Failure Mode Effect Analysis (FMEA). The result showed that are many defect such as separation layer, leaky envelope, inside deflated tire, tread bloating, until outboard tread. Pareto diagrams used to know the types of defects that most frequently occur in the production process. Cause and effect diagram will indicate problem that occurs from production process. After that, PT. Asli Roda Ciptaprima use Failure Mode Effect Analysis to have been a top priority in repair.

Keywords: Quality, Quality Control, Statistical Methods 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Besterfield, Dale H. 1994. Quality Control, 4th Edition. New Jersey: Prentince-Hall Inc.

Crosby, Philip B. 2003. Quality is Free. Penerbit: Penguin

Feigenbaum, A. V. 1983. Kendali Mutu Terpadu, 3rd Edition. Jakarta: Erlangga.

Gasperz, Vincent. 1998. Statistical Process Control Penerapan Teknik-Teknik

Statistika Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gasperz, Vincent. 2005. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hatani. 2007. Manajemen Pengendalian Mutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Unhalu.

Ishikawa, Kaoru. 1989. Teknik Penuntun Pengendalian Mutu, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Mediyatama Sarana Perkasa.

Ishikawa, Kaoru. 1995. What is Total Quality Control, The Japanese Way, PrenticeHall,Inc.

Juran, Joseph. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Control, 9th Edition. Jakarta: Prehalindo.

Mitra, Amitava. 1993. Fundamentals of Quality and Improvement. Penerbit: Mac Milan.

Mongomery, Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control, 4th Edition. New York: John Wiley & Sons.

Montgomery, Douglas C. 2009. Statistical Quality Control: A Modern Introduction 7th Edition. United States: John Wiley and Sons. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.1 (2017) 64

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu ( Total Quality Management), Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen Operasi, 4th Edition. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rath & Strong. 2005. Six Sigma Advance Tools Pocket Guide. Yogyakarta: Andi.

Widjaja Tunggal, Amin dan Miranda. 2003. Manajemen Logistik Dan Supply Chain Management, 1st Edition, Harvindo.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1061 diunduh pada tanggal 22 Februari 2015

http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1413 diunduh pada tanggal 22 Februari 2015

https://smkberkaizen.wordpress.com diunduh pada tanggal 18 Maret 2015

https://nurrahmanarif.wordpress.com diunduh pada tanggal 18 Maret 2015

http://www.math.kent.edu/ diunduh pada tanggal 18 Maret 2015

http://www.medizinfo.de/quality/html/qztools/player.gif diunduh pada tanggal 18 Maret 2015

http://id.wikipedia.org/wiki/Diagram_kontrol diunduh pada tanggal 18 Maret 2015
Published
2017-09-01