FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BEI PERIODE 2004-2014

  • Sidarta Hermin Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
  • Werner Ria Murhadi Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
  • Bertha Silvia S. Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 122 times
Keywords: Initial Public Offering (IPO), underpricing, Indonesia Stock Exchange (IDX)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing pada perusahaan yang melakukan IPO. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reputasi Underwriter (RU), Reputasi Auditor (RA), Umur Perusahaan (AGE), Ukuran Perusahaan (SIZE), Financial Leverage (FL), Return on Equity (ROE) dan Total Asset Turnover (TATO). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) pada periode 2004-2014 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 204 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan yang melakukan IPO pada periode 2004-2014, variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, dan return on equity berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, sedangkan variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan, financial leverage, dan total asset turnover berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap underpricing.

Kata kunci: Initial Public Offering (IPO), underpricing, dan Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstract - This study aimed to analyze the factors that influence underpricing on IPO. Variables used in this research is Underwriter Reputation (RU), Auditor Reputation (RA), Company Age (AGE), firm size (SIZE), Financial Leverage (FL), Return on Equity (ROE) and Total Asset Turnover (TATO) , This study uses a quantitative approach with a model of multiple linear regression analysis. This study used a sample of companies that conduct an Initial Public Offering (IPO) in the period 2004 to 2014 that are listed in the Indonesia Stock Exchange. The number of observations used in this study were 204 observations. The results showed that the companies doing IPOs in the period 2004-2014, the variable underwriter reputation, auditor reputation, and return on equity significantly negative effect on underpricing, while variable firm age, firm size, financial leverage, and total asset turnover negative not significantly to underpricing.

Keyword: Initial Public Offering (IPO), underpricing, and Indonesia Stock Exchange (IDX).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ang, Robert. 1997. Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Anoraga, P., dan Pakarti, P. 2001. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Arifin, Z., 2005, Teori Keuangan dan Pasar Modal, Jogjakarta: Ekonisia.

Gitman, L. J., Chad J. Z., 2010, Principles of Managerial Finance 13th edition, New York: Prentice Hall

Gujarati, Damodar N., 2004, Basic Econometrics, New York: McGraw-Hill.

Ghozali, I., 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hoogan, C. E., 1997, Costs and Benefits of Audit Quality in the IPO Market: A Self-Selection Analysis, The Accounting Review, Vol. 72, No. 1.

Ismiyanti, F., Rohmad F. A., Motif Go Public, Herding, Ukuran Perusahaan, Dan Underpricing Pada Pasar Modal Indonesia, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan,
Tahun 3, No.1, April 2010.

Jogiyanto. 2007. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ke-6. Yogyakarta: BPFE.Johnson. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Harga Saham IPO Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Universitas Sumatera Utara. Medan.

Keputusan Ketua Bapepam Nomor Kep-05/PM/1995.

Kristiantari, I Dewa Ayu., 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Panawaran Saham Perdana di BEI. Thesis. Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Kurniawan, B, 2007, Analisis Pengaruh Variabel Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Initial Return dan Return 7 Hari Setelah Initial Public Offerings (IPO), Magister Manajemen UNDIP, Semarang.

Purbarangga, A., dan Etna Nur Afri Yuyetta, 2013, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Saham Perdana, Diponegoro Journal of Accounting, Vol.2, No.3, 2013.

Ratnasari, A., Gunasti H., 2013, Analisis Pengaruh Informasi Keuangan, Non Keuangan Serta Ekonomi Makro Terhadap Underpricing Pada Perusahaan Ketika IPO, Buletin Studi Ekonomi, VOL.18.NO.2 (PP 85-190)

Razafindrambinina, D., dan Tiffany Kwan. The Influence of Underwriter and Auditor

Reputations on IPO Under-pricing. European Journal of Business and Management. Vol.5, No.2, 2013.

Riyadi, Ricky. 2014. Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana (IPO) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009 – 2012. Jurnal: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.

Safitri, Tety Anggita, 2013, Asimetri Informasi dan Underpricing. Jurnal Dinamika Manajemen vol 4, No 1, pp : 1-9.

Samsul, M., 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sumantoro, 1990, Pengantar Tentang Pasar Modal di Indonesia, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Wahyusari, A., 2013, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Saat IPO di BEI, Accounting Analysis Journal, Vol. 2, No. 4, 386-394.

Widoadmodjo, S, 2009, Pasar Modal Indonesia: Pengantar dan Studi Kasus, Bogor: Ghalia Indonesia.

www.finance.yahoo.com (diakses 22 September 2015)

www.idx.co.id (diakses 21 September 2015)

www.ipotnews.com (diakses 22 September 2015)
Published
2017-09-01

Most read articles by the same author(s)