RANCANGAN 5S PADA RUANG SERVICE DAN GUDANG ZCOMP DI SURABAYA

  • Charlys Simu Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 213 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 398 times
Keywords: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract

Intisari, Persaingan bisnis yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahaan bekerja secara produktif dan bermutu dalam meningkatkan produktivitas agar dapat survive dan berkembang. Namun bertolak belakang dengan permasalahan ZComp yang menunjukkan bahwa kondisi kerja yang kurang efektif khususnya pada ruang service dan gudang, sehingga ZComp membutuhkan adanya penerapan metode 5S. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara yang dilakukan saat mendatangi lokasi dan juga lewat komunikasi handphone dengan pihak yang terkait. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada seiri, perbaikan dilakukan dengan adanya penyortiran barang-barang yang masih terpakai dan tidak terpakai dengan dikelompokkan menggunakan tali raffia; (2) pada seiton, perbaikan dilakukan dengan menyiapkan tempat penyimpanan accessories komputer pada rak serta pemberian tanda visual atau label; (3) pada seiso, perbaikan dilakukan dengan penambahan dan penyediaan tempat sampah maupun alat kebersihan serta melakukan jadwal kebersihan; (4) pada seiketsu, perbaikan dilakukan dengan menggunakan media visual berupa poster berisi informasi ajakan untuk membudayakan 5S; (5) pada shitsuke, perbaikan dilakukan dengan membiasakan dan menciptakan disiplin yang tinggi serta membuat adanya SOP pada masing-masing bagian.

Kata Kunci: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract, In an increasingly competitive business competition, requires every company to work productively and quality in improving productivity in order to survive and thrive. However, in contrast to the problems ZComp which shows that working conditions are less effective, especially in the service room and warehouse, thus ZComp requires the implementation of the 5S method. This study aimed to describe the design of 5s in service and warehouse space zcomp in Surabaya. Collecting data in this study conducted by direct observation and interviews conducted when went to the location and also via mobile communication with relevant parties. Technique analyze data using qualitative analysis. The results in this study show that: (1) on seiri, repairs carried out with the sorting items that are still used and unused by classified using raffia rope; (2) on seiton, repairs done by setting up storage space on the shelves of computer accessories as well as giving visual sign or label; (3) on seiso, repairs carried out with additions and improvements were made to the provision of bins and hygiene tools and conduct hygiene schedule; (4) on seiketsu, repairs done by using visual media such as posters containing information about the call to cultivate 5S; (5) on shitsuke, improvements were made to familiarize and creating high discipline and make the SOP on each section.

Keywords: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halim, A. 2009, Analisis Investasi, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 9 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Hirano, Hiroyuki. 1995. Penerapan 5S di Tempat Kerja, Pendekatan Langkah-Langkah Praktis, Penerjemah: Paulus A. Setiawan. Jakarta: PQM Consultants

Imai, Masaki., 2001, Kaizen, PPM, Jakarta

Listiani, Teni. 2010. Manajemen Kinerja, Kinerja Organisasi Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Organisasi Sektor Publik. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. VIII No. 3

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Noviyarsi , Yesmizarti Muchtiar & Adriansyah. 2007. Implementasi Metode 5S ada Lean Six Sigma dalam Proses Pembuatan Mur Baut Versing (studi kasus di CV. Desra Teknik Padang) . VOL. 9, NO. 1, JUNI 2007: 63-74.

Osada, Takashi., 2004, Sikap Kerja 5S, Cet. 5, PPM, Jakarta.

Santos, Javier, Wysk, Richard A and Torres, Jose M., Improving Production with Lean Thinking, John Willey & Sons, New jersey.

Warman, John., 2010. Manajemen pergudangan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Published
2017-09-01