PEMBUATAN FILM DOKUMENTER TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA KEHIDUPAN SOSIAL
Abstract
Abstrak - Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan alat komunikasi untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi dengan orang lain. Gadget elektronik berupa smartphone, merupakan salah satu alat komunikasi yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia guna menunjang aktivitasnya. Namun, kecenderungan penggunaan gadget secara berlebihan dan tidak tepat dapat menjadikan seseorang bersikap tidak peduli terhadap lingkungannya, baik dalam lingkungan internal (lingkungan keluarga) maupun dalam lingkungan eksternal (lingkungan masyarakat). Selain itu, dapat pula membawa seseorang merasa nyaman dalam dunia maya dan berpengaruh menjadikan orang yang dekat menjadi jauh serta membuat seseorang tidak berinteraksi sosial dengan baik. Sehingga, penggunaan gadget secara berlebihan dapat membuat interaksi dan komunikasi seseorang dengan lingkungan sekitarnya menjadi terganggu. Dengan masalah yang ada, dibuatlah film dokumenter untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengaruh penggunaan gadget pada kehidupan sosial, sehingga masyarakat paham akan dampak penggunaan gadget yang berlebihan bagi kehidupan sosialnya. Film ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro CS6, Adobe After Effect CS6 dan Adobe Audition CS6. Setelah film ini selesai, maka dilakukan uji coba dan evaluasi dengan memperlihatkan film ini kepada masyarakat (remaja hingga dewasa). Informasi yang diberikan dapat tersampaikan kepada masyarakat bahwa dengan menggunakan gadget saat berkumpul dengan teman atau keluarga dapat mengurangi interaksi secara langsung dan memberikan pesan untuk mengurangi gadget secara berlebihan.
Kata kunci: gadget, kehidupan sosial, film dokumenter
Downloads
References
Essau, C.A. 2008. Adolescent Addiction:Epidemiology, Assessment and Treatment. New York: Elsevier Inc.
Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Penerbit Buku EGC, Jakarta.
Gayatri. 2011. Women’s Guide: Buku Cerdas untuk Perempuan aktif. GagasMedia, Jakarta Selatan.
Hardjana, Agus M. 2007. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Hovart, Arthur. T. 1989. Coping with Addiction. Retrieved 2015, tanggal download 09 November, from http://www.cts.com/babtsmrt/coping/html.
Mark, D.F., Murray, M., Evans, B. & Willig, C. 2004. Health Psychology: Theory, Research and Practice. London : Sage Publication ltd.
Nugroho, Fajar. 2007. Cara Pintar Bikin Film Dokumenter. Yogyakarta: Galangpress.
Rajaq, Abdul & Isparanto. 2011. The Magic of Video Edtiting. Jakarta: Mediakita.
Saraswati, Mila. & Ida, Widaningsih. 2006. Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial. PT Grafindo Media Pratama, Bandung.
Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Media Pressindo, Yogyakarta.
Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. PT Setia Purna Inves, Bandung.
Yuwanto, Listyo. Fakultas Psikologi Laboratorium Psikologi Umum Universitas Surabaya, www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_details/10/Mobile-PhoneAddict.html diakses tgl 9-11-2015.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.