PEMBUATAN FILM DOKUMENTER TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA KEHIDUPAN SOSIAL

  • Fauziyah Fauziyah Fakultas Teknik Jurusan Informatika / Universitas Surabaya
Abstract Views: 111 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 376 times
Keywords: gadget, kehidupan sosial, film dokumenter

Abstract

Abstrak - Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan alat komunikasi untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi dengan orang lain. Gadget elektronik berupa smartphone, merupakan salah satu alat komunikasi yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia guna menunjang aktivitasnya. Namun, kecenderungan penggunaan gadget secara berlebihan dan tidak tepat dapat menjadikan seseorang bersikap tidak peduli terhadap lingkungannya, baik dalam lingkungan internal (lingkungan keluarga) maupun dalam lingkungan eksternal (lingkungan masyarakat). Selain itu, dapat pula membawa seseorang merasa nyaman dalam dunia maya dan berpengaruh menjadikan orang yang dekat menjadi jauh serta membuat seseorang tidak berinteraksi sosial dengan baik. Sehingga, penggunaan gadget secara berlebihan dapat membuat interaksi dan komunikasi seseorang dengan lingkungan sekitarnya menjadi terganggu. Dengan masalah yang ada, dibuatlah film dokumenter untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengaruh penggunaan gadget pada kehidupan sosial, sehingga masyarakat paham akan dampak penggunaan gadget yang berlebihan bagi kehidupan sosialnya. Film ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro CS6, Adobe After Effect CS6 dan Adobe Audition CS6. Setelah film ini selesai, maka dilakukan uji coba dan evaluasi dengan memperlihatkan film ini kepada masyarakat (remaja hingga dewasa). Informasi yang diberikan dapat tersampaikan kepada masyarakat bahwa dengan menggunakan gadget saat berkumpul dengan teman atau keluarga dapat mengurangi interaksi secara langsung dan memberikan pesan untuk mengurangi gadget secara berlebihan.

Kata kunci: gadget, kehidupan sosial, film dokumenter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cooper, A. 2000. Sexuality-Sujing Into The New Millennium, USA, Cyberpsycho1ogy and behavior, vol. 1. NO.2, pp: 181-187.

Essau, C.A. 2008. Adolescent Addiction:Epidemiology, Assessment and Treatment. New York: Elsevier Inc.

Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Penerbit Buku EGC, Jakarta.

Gayatri. 2011. Women’s Guide: Buku Cerdas untuk Perempuan aktif. GagasMedia, Jakarta Selatan.

Hardjana, Agus M. 2007. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Hovart, Arthur. T. 1989. Coping with Addiction. Retrieved 2015, tanggal download 09 November, from http://www.cts.com/babtsmrt/coping/html.

Mark, D.F., Murray, M., Evans, B. & Willig, C. 2004. Health Psychology: Theory, Research and Practice. London : Sage Publication ltd.

Nugroho, Fajar. 2007. Cara Pintar Bikin Film Dokumenter. Yogyakarta: Galangpress.

Rajaq, Abdul & Isparanto. 2011. The Magic of Video Edtiting. Jakarta: Mediakita.

Saraswati, Mila. & Ida, Widaningsih. 2006. Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial. PT Grafindo Media Pratama, Bandung.

Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Media Pressindo, Yogyakarta.

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. PT Setia Purna Inves, Bandung.

Yuwanto, Listyo. Fakultas Psikologi Laboratorium Psikologi Umum Universitas Surabaya, www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_details/10/Mobile-PhoneAddict.html diakses tgl 9-11-2015.
Published
2017-09-01