ANALISA BEBAN KERJA PADA PT. X UNTUK MENUNJANG QUALITY OF WORK LIFE

  • Annisa Hamlin Istiqomah Magister Psikologi Profesi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 143 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 256 times
Keywords: Quality of Work Life, Analisa Beban Kerja, Job Design

Abstract

Abstrak Dalam studi Quality of Work Life, beban kerja dianggap sebagai salah satu faktor yang paling berpengaruh. Penelitian-penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh negatif pada Quality of Work Life karena beban kerja mempengaruhi kehidupan keluarga karyawan dan juga menyebabkan karyawan untuk kelelahan kerja dan meningkatkan kerja stres, niat untuk keluar dan stres mental. Oleh karena itu, beban kerja diyakini menjadi faktor merugikan Quality of Work Life. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa beban kerja karyawan. Pengolahan data dilakukan dengan cara pendekatan beban tugas per orang dengan jabatan yang dipegang dan untuk perhitungan beban kerja mental digunakan perhitungan subjektif dengan NASA-TLX. Jumlah jabatan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 45 jabatan. Hasil asesmen menunjukkan beban kerja yang overload dan underload pada PT. X. Beban kerja yang tidak normal mempengaruhi kualitas kehidupan kerja karyawan, sehingga rancangan intervensi yang diusulkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah job design.

Kata kunci: Quality of Work Life, Analisa Beban Kerja, Job Design

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khani, A., Jaafarpour M., Dyrekvandmogaam A. (2008). Quality of Nursing Work Life. Journal of Clinical and Disgnostic Research , 2, 1169-1174

Lai, S. L., Chang, J., & Hsu, L. Y. (2012). Does Effect of Workload on Quality of Work Life Vary With Generations?Does Effect of Workload on Quality of Work Life Vary With Generations? Asia Pacific Management Review , 17 (4), 437-452.

Maulida, A. N. (2010). Analisis Beban Kerja di CV. Cemerlang, Mfg Co , Surabaya. Tesis. Universitas Surabaya

Novera, W. (2010). Analisis Beban Kerja dan Kebutuhan Karyawan Bagian Adminstrasi Akademik dan Kemahasiswaan. Skripsi. Institut Pertaninan Bogor.

Wignjosoebroto, S. (1989). Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja. Surabaya: Guna Widya.
Published
2017-09-01