HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN BANK DENGAN MINAT MENABUNG NASABAH : PENGARUH RELIABILITY, ASSURANCE, TANGIBLE, EMPATHY, RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK CENTRAL ASIA Tbk KANTOR CABANG UTAMA SIDOARJO
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan dengan tingkat kepuasan nasabah yang menggunakan jasa PT Bank Central Asia Tbk KCU Sidoarjo. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : metode wawancara dan kuisioner menggunakan skala likert dengan sampling sebanyak 100 r esponden, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari reabillity (kehandalan) , assurance (jaminan), t angible (bukti fisik), empathy (komunikasi), dan responsiveness ( cepat tanggap) secara bersama – sama memiliki pengaruh positif dimana persamaan regresi linier Y = 3,647 + 0,183X1 + 0,355X2 + 0,282X3 + -0,255X4 + 0,258X5 selain itu, dengan menggunakan uji F dapat dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Tetapi berdasarkan uji parsial (t), semua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi Reability sebesar 0,1% dan 4 v ariabel lainnya yaitu assurance, tangible, empathy dan responsiveness sama- sama memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,0%.
Kata Kunci: Perbankan, Fungsi Bank, Kualitas layanan.
Abstract - This study aims to determine how much influence the quality of service to the level of satisfaction of the customers using the services of PT Bank Central Asia Tbk, KCU Sidoarjo. The model used in this study are: the method of interviews and questionnaires using a Likert scale with sampling of 100 r espondents, while the analysis method used is multiple linear regression method. These results indicate that the quality of service consisting of reabillity, assurance, tangible, empathy, and responsiveness both have a positive influence which the linear regression equation Y = 3.647 + 0,183X1 + 0,355X2 + 0,282X3 + -0,255X4 + 0,258X5 addition, by using the F test shows that service quality has a significant impact on customer satisfaction. But based on the partial test (t), all variables have a significant influence on customer satisfaction with Reability significance level of 0.1% and 4 other variables that assurance, tangible, empathy and responsiveness equally have sebesae significance level of 0.0%.
Keywords: Banking, Bank Function, Quality of service.
Downloads
References
Dendawijaya, Lukaman. 2001, Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia : Jakarta.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Salemba Empat
Martono, 2004, Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi Pertama. Ekonosia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta
Rangkuti Freddy, 2003. Measuring Costumer Satisfaction, teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan plus analisis kasus PLN-JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti Freddy, 2002. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Tjiptono Fandy, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta : Penerbit Andi
Bank Indonesia. 1992. Peraturan Bank Indonesia Nomor 3/21/PBI/2001 Undang-Undang no.7 Tahun 1992
Bank Central Asia. 2015. Jumlah Jaringan layanan BCA Tahun 2011-2013 (www.bca.co.id, dikutip pada 5 Juni 2015 jam 13.25)
_____________. 2015. Penghargaan BCA tahun 2013-2014 (www.bca.co.id dikutip pada 5 Juni 2015 jam 14.45)
_____________. 2015. Profile BCA (www.bca.co.id dikutip pada 5 Juni 2015 jam 15.00)
_____________. 2015. Transaksi Melalui jaringan Distribusi BCA tahun 2011-2013 (www.bca.co.id dikutip pada 5 juni 2015 jam 15.56)
Anonim. Juni 2014/XVI/252. Daftar 50 Bank terbaik di Indonesia Tahun 2013. Majalah Investor
_____________. Juni 2014/XVI/252. Kriteria bank umum menurut aset Tahun 2013. Majalah Investor
_____________. Juni 2014/XVI/252. 10 besar bank berdasarkan laba tahun 2013. Majalah Investor
Anonim. 08/XXVII/2015. Kinerja Keuangan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) . Warta Ekonomi
Sidoarjo. 2015. Profile Kabupaten Sidoarjo (www.sidoarjokab.go.id dikutip pada 5 Juni jam 16.05)
Sidoarjo. 2015. Kabupaten Sidoarjo (www.wikipedia.org dikutip pada 5 juni 2015 jam 16.15)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.