FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2007-2011

  • Jemmi Halim Liem Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Werner R. Murhadi Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Bertha Silvia Sutejo Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 3175 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2352 times
Keywords: struktur modal, profitabilitas, growth, ukuran perusahaan, struktur aktiva, non-debt tax shield

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi struktur modal pada badan usaha industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2011. Teori yang terkait ialah trade-off theory, pecking order theory, dan agency theory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model Least Square (LS). Penelitian ini menggunakan objek penelitian berupa badan usaha industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2011. Jumlah objek penelitian yang digunakan adalah sebesar 29 badan usaha. Temuan penelitian ini yaitu variabel profitabilitas dan non-debt tax shield berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Di lain sisi, variabel struktur aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan dan variabel growth berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deesomsak, R., Paudyal, K., dan Pescetto, G., 2004, The Determinants of Capital Structure: Evidence from The Asia Pacific Region, Journal of Multi Financial Management, Volume 14: 387-405.

Gitman, L.J., 2006, Principles of Managerial Finance, 4th Edition, Addison-Wesley, Pearson Education Inc.

Gujarati, D. N., 2004, Basic Economics, 4th Edition, McGraw Hill International.

Lakshmi, K., 2001, Ownership Structure and Capital Structure: Evidence from Indian Firms, Working Paper, VIT Business School.

Mazur, K., 2007, The Determinants of Capital Structure Choice: Evidence from Polish Companies, International Atlantic Economic Society, Volume 13: 495-514.

Megginson, W.L., 1997, Corporate Finance Theory, Addison-Wesley.

Murhadi, W.R., 2011, Determinan Struktur Modal: Studi di Asia Tenggara, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, UK Petra, Terakreditasi DIKTI, September 2011.

Nurrohim, H., 2008, Pengaruh Profitabilitas, Fixed Asset Ratio, Kontrol Kepemilikan dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Kajian Bisnis dan Manajemen, Volume 10: 11-18.

Sulistyowati, W.A., 2009, Penentuan Kebijakan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, http://eprints.undip.ac.id/8145/1/Wiwit_Apit.pdf.

Utami, S.E., 2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur, FENOMENA, Vol. 7, No. 1, hal. 39-47, Universitas Mercubuana.

------------, 2011, Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya.

www.idx.co.id

www.wernermurhadi.wordpress.com  
Published
2013-03-01