PEREMPUAN DAN BUKU : SEBUAH PEMBEBASAN

  • Galuh Prakasyta Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Teguh Wijaya Mulya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Khanis Suvianita Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 153 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 508 times
Keywords: Perempuan, Feminism, Patriarki, Konstruk Diri, Buku

Abstract

Budaya Patriarki di Indonesia sudah menjadi sebuah hal yang umum dan tampak biasa saja. Perempuan selalu melihat diri mereka satu tingkat dibawah kemampuan laki-laki, padahal hal yang membedakan laki-laki dan perempuan hanyalah sebatas organ tubuh. Jika ada perempuan yang sadar akan hal tersebut, jarang bagi mereka untuk memperjuangkan kesetaraan hak antara laki-laki dan perempuan dan memilih untuk tetap berada dalam belenggu patriarki. Diperlukan sebuah wacana untuk menggugah pemikiran perempuan supaya melihat lebih luas bahwa sebuah patriarki adalah sistem yang normatif bagi negara, budaya dan agama, namun setiap perempuan sebenarnya memiliki pilihan atas kebebasan dirinya. Hasil dari penelitian ini adalah aku sebagai perempuan yang hidup dalam keluarga patriarki memiliki pandangan yang berbeda mengenai perempuan. Proses rekonstruksi diri yang aku jalani, menghasilkan sebuah pandangan bahwa perempuan dapat memegang kendali atas dirinya dan tidak ditentukan oleh budaya normatif. Hal tersebut juga di pengaruhi oleh buku bacaan yang selama ini aku baca. Dari buku yang aku baca, aku meyakini hal yang berbanding terbalik dengan idealisasi budaya, dalam realita sekitarku banyak perempuan yang sebenarnya tidak sepenuhnya mengikuti sesuai dengan idealisasi budaya. Maka dari itu, aku memiliki pandangan untuk menghancurkan idealisasi perempuan lalu memilih untuk memahami tubuhku, pemikiranku dan kebebasan diriku sebagai perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, F. (2008). Berbagai Pandangan Mengenai Gender dan Feminisme.

Burman, E. (2008). Deconstructing Developmental Psychology (2nd Edition ed.). Canada: Routledge.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research. Planing, Conducting, and Evaluating Qualitative & Quantitative Approaches. London: Sage Publication.

Eliasa, E. I. (2016). BIibliotherapy As A Method of Meaningful Treatment .

Kamtini. (2015). Peran Keluarga Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Paedagogi .

Martini, L., & Adriani, E. (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Psikologis, Vol 1.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmaningsih, N. D. (2014). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi .

Retnowulandari, W. (2012). Budaya Hukum Patriarki Versus Feminis : Dalam Penegakan Hukum Dipersidangkan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan .

Sari, K. (2013). Dinamika Psikologis Anak Ampiang Dengan Disharmoni Keluarga : Sebuah Autobiografi. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2.
Published
2018-03-01