PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) X DAN Y
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat kasus anak yang mengalami hambatan pada aspek kematangan sosial. Anak yang mengalami hambatan kematangan sosial dapat mengalami hambatan pada tugas-tugas perkembangan selanjutnya. Kematangan sosial dibentuk oleh interaksi faktor internal (nature) dan eksternal (nurture), yaitu kematangan biologis dan stimulasi dari lingkungan, salah satunya adalah stimulasi dari pendamping TPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kematangan sosial anak yang berada pada lingkungan yang berbeda, yaitu TPA X dan Y. Subjek penelitian adalah anak yang dititipkan orang tuanya di TPA X dan Y, berusia 2-5 tahun dan dititipkan di TPA setiap hari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat tes psikologi Vineland Social Maturity Social (VSMS), serta observasi dengan subjek dan wawancara dengan orang tua subjek, pendamping, pengasuh, pendidik dan pengelola TPA. Data yang didapatkan kemudian diskor, diolah dengan uji beda dan korelasi, serta dideskripsikan dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kematangan sosial pada anak usia prasekolah di Taman Penitipan Anak (TPA) X dan Y. Perbedaan tersebut berada pada aspek self help dressing dan locomotion. Penyebab adanya perbedaan kematangan sosial adalah adanya perbedaan kurikulum dan pembiasaan yang diberikan oleh pendamping TPA X dan Y.
Downloads
References
Chen, J. Q., & McNamee, G. D. (2011). Positive approaches to learning in the context of preschool classroom activities. Early Childhood Educ J, 2011, 39, 71-78.
Doll, E. A. (1965). Vineland social maturity scale. Manual of Directors Minessota: American Duidance Service, Inc.
Goldenberg, I., & Goldenberg, H. (1985). Family therapy: An overview (2nd ed). Belmont, California: Wadsworth, Inc.
Lampiran I Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 20 tahun 2010 tanggal 31 Agustus 2010. (2010). Jakarta.
Pendidikan anak usia dini dan kebijakan keluarga nomor 10 tahun 2005. (2005). Jakarta.
Petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak. (2011). Jakarta.
Santrock, J. W. (2009). Child development (12th ed). New York: McGraw-Hill.
Sinata, L. (2003). Perbedaan kematangan sosial anak usia prasekolah sebelum dan sesudah mendapat pelatihan program otonomi. Skripsi Sarjana Strata 1 (tidak diterbitkan). Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.