PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN TRAVEL PT. YOLA LANCAR JAYA KEDIRI DENGAN METODE INTEGRASI SERVICE QUALITY DAN KANO KE DALAM QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Abstract
PT. Yola Lancar Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan transportasi antar kota. Persaingan yang semakin ketat dan kompetitif menuntut PT. Yola Lancar Jaya untuk meningkatkan kualitas layanannya, sehingga perlu dilakukan suatu pengukuran kualitas layanan agar dapat mengetahui bentuk pelayanan yang diinginkan konsumen. Metode pengukuran yang digunakan adalah metode integrasi Kano, Service Quality kesenjangan persepsi dan harapan konsumen dengan Quality Function Deployment berdasarkan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Berdasarkan analisis kesenjangan persepsi dengan harapan konsumen didapatkan bahwa ke-18 variabel mengalami kesenjangan, dengan 5 variabel dengan mean kesenjangan terbesar adalah pemberian informasi layanan (-1,77), ketepatan waktu penjemputan penumpang (-1,68), penerima order melayani permintaan konsumen (-1,30), driver menyetir dengan hati – hati dan mematuhi rambu lalu lintas (-1,28), karyawan cepat dan tanggap dalam melayani komplain (-1,23). Selanjutnya pada tahap rancangan usulan perbaikan dengan metode Quality Function Deployment yaitu membuat standar pelayanan konsumen, memberikan informasi layanan kepada konsumen saat pengorderan dan membuat iklan di media cetak maupun internet, driver berangkat lebih awal dalam menjemput konsumen, membuat standar dalam menerima order konsumen, melakukan maintenance secara berkala, memberikan pelatihan safety driving kepada driver, menyediakan snack dan air minum serta mengadakan promo layanan, membuat standar dalam menerima komplain konsumen, membuat standar kerapian karyawan.
Downloads
References
Azwar, Saiffudin. 2001. Reliabilitas & Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Cohen, Lau, 1995, QFD: How to make QFD work for you, Addision Wesley, Longman,Inc., Reading, Massachusetts.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller., 2006. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, 8th ed. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Internasional, Inc.
Lovelock, Christopher H & Jochen Writz., 2007, Services Marketing: People, Technology, Strategy Prentice-Hall Series in Marketing, Prentice Hall, New Jersey
Parasuraman, et al., 1990, Delivering Quality Service, Balancing Customer Perceptions and Expectation,The Free Press A Divisio of Macmillian, Inc, New york, USA
Malhotra, N. K., 2010, Marketing Research: An Applied Orientatio, 6th ed, Pearson Education
Tan, K. C., and Pawitra, Integrating SERVQUAL and Kano’s Model into QFD for Service Development, Vol. 11, No. 6, 2008, pp. 418-430
Tjiptono, Fandy., 2005. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Walden, D, 1993, Kano’s Model for Understanding Customer-defined Quality. Center for Quality Management Journal, Vol. 2 No. 4
Zeithaml, Valerie A. and Mary Joe Bitner, 2006, Services Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm, 4th ed, McGraw-Hill/Irwin Inc,
http://www.phrikediriraya.com/page/show/70/transportation(diakses tanggal 4 Januari 2012)
http://www.yellowpages.co.id/find?what=travel+agent&where=kediri+jawa+timur&log=yes (diakses tanggal 4 januari 2012)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.