EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA AKTIVITAS PENGIRIMAN BARANG PT. OLIVIA ARLLY BELLE SURABAYA

  • Novi Mayangsari Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1796 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1691 times
Keywords: Pengendalian Internal, Internal Control, Ekspedisi, Aktivitas Pengiriman, Six Sigma, Zero Defect

Abstract

Perkembangan dunia internet yang semakin pesat ikut mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce termasuk online shopping. Meningkatnya penjualan belanja online   secara otomatis akan meningkatkan penggunaan jasa pengiriman barang.  Hal ini dikarenakan sekecil apapun barang yang dibeli melalui online pasti membutuhkan jasa pengiriman agar barang bisa sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak persaingan bisnis jasa pengiriman barang (ekspedisi). PT. Olivia Arlly Belle adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang tujuan Surabaya - Denpasar dengan pembayaran secara cash maupun cash on delivery (COD). Dalam aktivitas bisnisnya masih banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan standar perusaahaan. Sehingga sering terjadi keterlambatan pengiriman dan kerusakan pada paket tersebut. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal perusahaan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pada aktivitas pengiriman PT. Olivia Arlly Belle dengan menggunakan  metode Lean Six Sigma. Sehingga dapat diketahui akar dari setiap permasalahan. Metode Lean Six Sigma juga cocok diterapkan pada perusahaan jasa karena perbaikan sistem yang dilakukan melalui penghapusan setiap  varians  yang ada dalam proses agar meningkatkan nilai tambah dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Sehingga perusahaan dapat memenuhi standarnya dan memperoleh zero defect pada aktivitas pengirimannya. Selain itu, perbaikan pada pengendalian internal juga berfungsi untuk mendukung aktivitas operasional perusahaan agar berjalan lebih efektiv dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2012. Omzet E-Commerce Di Indonesia Menembus Angka Rp 330 Triliun, (Online), (http://ditjenpdn.kemendag.go.id/
index.php/public/information/articles-detail/berita/107)


Ahmat, Affandy. 2011. Analisa Kualitas Pelayanan Jasa Ekspedisi dengan Metode Six Sigma di PT. Birotika Semesta Surabaya. Surabaya: UPN "Veteran" Jatim.


Arens, Alvin. A., Mark S. Beasly, Randal J. Elder. 2010. Auditing and Assurance Service: An Integrated Approach, 13th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.


Data Statistik Bidang Pos dan Telekomunikasi. 2010. (http://www.postel.go.id/downloads/
44/20120416173637-semester-II_2010A.pdf diakses 23 Mei 2013)


Efferin, Sujoko, Stevanus H.D., dan Yuliawati T. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkapkan Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.


Gasperz, Vincent. 2007. Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta


Gaspersz, Vincent. 1998. Stastical Process Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Gellinas, Ulric, J., Steve, G. Sutton, dan James Hunton. 2008. Accounting Information System 7th edition. U.S.A.: South Western - Thomson Corporation.


Gitlow, Howard S., Levine, David M. 2005. Six Sigma for Green Belts and Champions: Foundation, DMAIC, Tools, Cases, and Certification. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, USA.


Internet World Stats. 2012.World Internet Users and Population Stats. (http://www.internetworldstats.com/asia.htm diakses 17 mei 2013)


Internet World Stats. 2012. Indonesia Internet Usage, Broadband, and Telecomunication Reports. (http://www.internetworldstats.com/asia.htm diakses 17 mei 2013).


Kosasih, Engkos. 2009. Manajemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta: PT RajaGrafindo.


Miftachul, Andi. 2012. Online Shopping di Indonesia Akan Tumbuh 15% dalam 6 Bulan. (http://dailysocial.net/post/online-shopping-di-indonesia-akan-tumbuh-15-dalam-6-bulan diakses 22 Mei 2013).


Moenir, H. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.


Pande, Peter S., Ronald R. Cavanangh & Robert P. Neuman. 2003. The Six Sigma Way - Bagaimana GE, Motorola, dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka. Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Tjiptono, F. 2011. Service, Quality & Satisfaction 3nd edition. Yogyakarta: Andi.


Rachman, M., & Andriyani, A. (2012). Analisis Metode Servqual Pada Jasa Pengiriman Barang Ekspres “Yakin Esok Sampai” (Studi Kasus Pada PT JNE Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol 1 No. 1, pp. 403-414, (Online), (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom)


Romney, Marshall B., and Paul John Steinbart. 2012. Accounting Information Systems 12th edition. New Jersey, United States of America: Prentice Hall.


Rumapea, T. 2010. Kamus Lengkap Perdagangan Internasional. Jakarta: Gramedia.


Sawyer Lawrence B., Mortimer A. Dittenhofer, James H. Scheiner. 2003. Internal Auditing, 5th ed. Florida: The Institute of Internal Auditors.


Setyabudi, A., & Samuel, A. (2002). Aplikasi E-Commerce Dengan Java Servlet dan JSP. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbut Ekonisia.


Yesika, Maria P. 2005. Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Akuntansi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Proses Bisnis pada PT. Atlantic Container Line Indonesia Cabang Surabaya. Surabaya. Universitas Surabaya


Yuliana, O. 2004. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 2 No. 1, pp. 36-52, (Online), (http://cpanel.petra.ac.id)


http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/164502-budaya-belanja-indonesia-mulai-tumbuh diakses pada tanggal 18 Mei 2013.


ttp://www.asperindo.or.id/abtus.html diakses pada tanggal 19 Mei 2013.


http://www.isixsigma.com/process-sigma-calculator/ diakses pada 10 Oktober 2013.


http://respatindo.com/perhitungan-berat-barang/cara-perhitungan-berat-dalam-pengiriman-barang/ diakses pada 10 Oktober 2013.


http://www.asperindo.or.id/abtus.html diakses pada 10 Oktober 2013.


www.jne.co.id diakses pada 10 Oktober 2013.


http://www.tiki-online.com/ diakses pada 10 Oktober 2013.
Published
2013-09-20