EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA AKTIVITAS PENGIRIMAN BARANG PT. OLIVIA ARLLY BELLE SURABAYA
Abstract
Perkembangan dunia internet yang semakin pesat ikut mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce termasuk online shopping. Meningkatnya penjualan belanja online secara otomatis akan meningkatkan penggunaan jasa pengiriman barang. Hal ini dikarenakan sekecil apapun barang yang dibeli melalui online pasti membutuhkan jasa pengiriman agar barang bisa sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak persaingan bisnis jasa pengiriman barang (ekspedisi). PT. Olivia Arlly Belle adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang tujuan Surabaya - Denpasar dengan pembayaran secara cash maupun cash on delivery (COD). Dalam aktivitas bisnisnya masih banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan standar perusaahaan. Sehingga sering terjadi keterlambatan pengiriman dan kerusakan pada paket tersebut. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal perusahaan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pada aktivitas pengiriman PT. Olivia Arlly Belle dengan menggunakan metode Lean Six Sigma. Sehingga dapat diketahui akar dari setiap permasalahan. Metode Lean Six Sigma juga cocok diterapkan pada perusahaan jasa karena perbaikan sistem yang dilakukan melalui penghapusan setiap varians yang ada dalam proses agar meningkatkan nilai tambah dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Sehingga perusahaan dapat memenuhi standarnya dan memperoleh zero defect pada aktivitas pengirimannya. Selain itu, perbaikan pada pengendalian internal juga berfungsi untuk mendukung aktivitas operasional perusahaan agar berjalan lebih efektiv dan efisien.
Downloads
References
index.php/public/information/articles-detail/berita/107)
Ahmat, Affandy. 2011. Analisa Kualitas Pelayanan Jasa Ekspedisi dengan Metode Six Sigma di PT. Birotika Semesta Surabaya. Surabaya: UPN "Veteran" Jatim.
Arens, Alvin. A., Mark S. Beasly, Randal J. Elder. 2010. Auditing and Assurance Service: An Integrated Approach, 13th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Data Statistik Bidang Pos dan Telekomunikasi. 2010. (http://www.postel.go.id/downloads/
44/20120416173637-semester-II_2010A.pdf diakses 23 Mei 2013)
Efferin, Sujoko, Stevanus H.D., dan Yuliawati T. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkapkan Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Gasperz, Vincent. 2007. Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Gaspersz, Vincent. 1998. Stastical Process Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Gellinas, Ulric, J., Steve, G. Sutton, dan James Hunton. 2008. Accounting Information System 7th edition. U.S.A.: South Western - Thomson Corporation.
Gitlow, Howard S., Levine, David M. 2005. Six Sigma for Green Belts and Champions: Foundation, DMAIC, Tools, Cases, and Certification. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, USA.
Internet World Stats. 2012.World Internet Users and Population Stats. (http://www.internetworldstats.com/asia.htm diakses 17 mei 2013)
Internet World Stats. 2012. Indonesia Internet Usage, Broadband, and Telecomunication Reports. (http://www.internetworldstats.com/asia.htm diakses 17 mei 2013).
Kosasih, Engkos. 2009. Manajemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Miftachul, Andi. 2012. Online Shopping di Indonesia Akan Tumbuh 15% dalam 6 Bulan. (http://dailysocial.net/post/online-shopping-di-indonesia-akan-tumbuh-15-dalam-6-bulan diakses 22 Mei 2013).
Moenir, H. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Pande, Peter S., Ronald R. Cavanangh & Robert P. Neuman. 2003. The Six Sigma Way - Bagaimana GE, Motorola, dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono, F. 2011. Service, Quality & Satisfaction 3nd edition. Yogyakarta: Andi.
Rachman, M., & Andriyani, A. (2012). Analisis Metode Servqual Pada Jasa Pengiriman Barang Ekspres “Yakin Esok Sampai” (Studi Kasus Pada PT JNE Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol 1 No. 1, pp. 403-414, (Online), (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom)
Romney, Marshall B., and Paul John Steinbart. 2012. Accounting Information Systems 12th edition. New Jersey, United States of America: Prentice Hall.
Rumapea, T. 2010. Kamus Lengkap Perdagangan Internasional. Jakarta: Gramedia.
Sawyer Lawrence B., Mortimer A. Dittenhofer, James H. Scheiner. 2003. Internal Auditing, 5th ed. Florida: The Institute of Internal Auditors.
Setyabudi, A., & Samuel, A. (2002). Aplikasi E-Commerce Dengan Java Servlet dan JSP. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbut Ekonisia.
Yesika, Maria P. 2005. Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Akuntansi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Proses Bisnis pada PT. Atlantic Container Line Indonesia Cabang Surabaya. Surabaya. Universitas Surabaya
Yuliana, O. 2004. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 2 No. 1, pp. 36-52, (Online), (http://cpanel.petra.ac.id)
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/164502-budaya-belanja-indonesia-mulai-tumbuh diakses pada tanggal 18 Mei 2013.
ttp://www.asperindo.or.id/abtus.html diakses pada tanggal 19 Mei 2013.
http://www.isixsigma.com/process-sigma-calculator/ diakses pada 10 Oktober 2013.
http://respatindo.com/perhitungan-berat-barang/cara-perhitungan-berat-dalam-pengiriman-barang/ diakses pada 10 Oktober 2013.
http://www.asperindo.or.id/abtus.html diakses pada 10 Oktober 2013.
www.jne.co.id diakses pada 10 Oktober 2013.
http://www.tiki-online.com/ diakses pada 10 Oktober 2013.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.