STUDY DESKRIPTIF PUBLIC SERVICE QUALITY DI SAMSAT MANYAR KERTOARJO SURABAYA
Abstract
SAMSAT adalah adalah suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas Negara. SAMSAT melakukan evaluasi terhadap kualitas layanan melalui dimensi: public service quality yang meliputi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah public service quality. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis Deskriptif Frekuensi, presentasi diagram Pie Chart, dan tabulasi silang. Secara keseluruhan, penilaian responden terhadap dimensi public service quality SAMSAT Manyar Kertoarjo adalah cukup baik karena nilai rata-rata untuk keseluruhan dimensi public service quality tersebut adalah positif. Emphaty adalah dimensi public service quality yang dipersepsikan paling positif karena memiliki nilai rata-rata tertinggi diantara dimensi public service quality lainnya. Sedangkan dimensi public service quality dengan persepsi terendah adalah Reliability.
Downloads
References
Henry, Nicholas. 1989. Public Administration and Public Affairs, fouth edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey
Hughes, Owen E. 1994. PublicManagement and Administration, Santa Martin Press Inc., New York
Parasuraman, A., Zeithaml, Valerie A. & Berry, Leonard L. (1988) “ SERVQUAL: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality,” Journal of Retailing, vol. 64(1), p. 12-40
Parasuraman, L.L. Berry and V.A. Zeithmal. “ Guidelines forconducting service quality research.” Marketing Research. 1990, 2 (4):34-44
Sedarmayanti. 2000. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: Mandar Maju.
http://city.seruu.com/ (diunduh tanggal 12 Maret 2013)
http://itjen.kemenkumham.go.id (diunduh tanggal 6 Maret 2013)
http://news.detik.com/ (diunduh tanggal 11 Maret 2013)
http://protespublik.com (diunduh tanggal 9 Maret 2013)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.