PDF

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI CONSUMER'S PURCHASE BEHAVIOUR TERHADAP PRODUK CLOTHING ERIGO DI INDONESIA

  • Andrew Christopher Limantara Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Andhy Setyawan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Hayuning Purnama Dewi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
Abstract Views: 8 times
PDF Downloads: 2 times
Keywords: consumer’s purchase behaviour, brand awareness, brand schematicity, fashion clothing brands, clothing product

Abstract

AbstractThis study aims to understand several factors that influence the purchasing behavior of Erigo consumers in Indonesia. The object used in this study is the level of purchase of Erigo clothing products in Indonesia. The data contained in the study were processed using the Structural Equation Modeling (SEM) research model through AMOS version 24.0 software. The results showed that the factors of brand consciousness, brand awareness, and brand nationality have a positive and significant effect on consumer's purchase behavior. The factors of brand consciousness and brand nationality have no effect on brand awareness in this study. The brand schematicity factor also has no effect on consumer's purchase behavior.

Keywords: consumer’s purchase behaviour, brand awareness, brand schematicity, fashion clothing brands, clothing product

 

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk memahami beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen Erigo di Indonesia. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tingkat pembelian produk clothing Erigo di Indonesia. Data yang terdapat dalam penelitian diolah dengan menggunakan model penelitian Structural Equation Modeling (SEM) melalui software AMOS versi 24.0. Penelitian ini mencakup 150 responden dengan karakteristik konsumen produk clothing Erigo sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor brand consciousness, brand awareness, dan brand nationality berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer’s purchase behaviour. Faktor brand consciousness dan brand nationality tidak berpengaruh terhadap brand awareness dalam penelitian ini. Faktor brand schematicity juga tidak berpengaruh terhadap consumer’s purchase behaviour.

Kata kunci: consumer’s purchase behaviour, brand awareness, brand schematicity, fashion clothing brands, clothing product

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih, H. (2023, January 20). Membedah Pameran Domestik Untuk Fashion. Membedah Pameran Domestik untuk fashion - UKMINDONESIA.ID. https://ukmindonesia.id/membedah-pameran-domestik-untuk-fashion#google_vignette
Berkaos. (2016, September 27). Sejarah Serta perkembangan perusahaan clothing Dan Distro di Indonesia. Berkaos.com • Pabrik Kaos Terbesar di Tangerang Raya. https://berkaos.com/sejarah-serta-perkembangan-perusahaan-clothing-h hhhhhhhdan-distro-di-indonesia
Defri Mazuanda, 124010002, & Pembimbing, Dr. H. P. S. (2018, February 2). hhhhhhhPengaruh citra merek Dan Harga Terhadap Keputusan pembelian hhhhhhhkonsumen pada distro vearst jeans Bandung (survey Pada Pengunjung Distro vearst jeans Bandung). repo unpas. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32844
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony, (2017). Strategi Menaklukan Pasar Rahman, M. S., Hossain, M. A., Hoque, M. T., Rushan, M. R., & Rahman, M. I. hhhhhhh(2021). Millennials’ purchasing behavior toward fashion clothing brands: hhhhhhhInfluence of Brand Awareness and Brand Schematicity. Journal of hhhhhhhFashion Marketing and Management: An International Journal, 25(1), 153–183. https://doi.org/10.1108/jfmm-07-2019-0137
Rangkuti, F. (2014). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated hhhhhhhMarketing Communication, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Santi, S., Febrina, G. M., Rahman, N. F., & Kristaung, R. (2022). Determinan hhhhhhhbrand awareness terhadap millenial’s purchase behaviour pada merek hhhhhhhZalora. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, 22(1), hhhhhhh50-64. http://dx.doi.org/10.25105/mrbm.v21i1.12841
Situmorang, E., Letsoin, B., Briyan, A., Suryani, L., Ekasari, A., & Kurniawati, hhhhhhhK. (2021). Perilaku Pembelian Merek Fast fashion Pada Generasi hhhhhhhmilenial di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. hhhhhhhhttps://doi.org/10.17358/jabm.7.3.778
Widyaningtyas, H. (2021, March 29). Perjalanan brand Lokal Erigo Yang hhhhhhhAwalnya dari Depok, Kini Muncul di New York. kumparan. hhhhhhhhttps://kumparan.com/millennial/perjalanan-brand-lokal-erigo-yang-awal hhhhhhhnya-dari-depok-kini-muncul-di-new-york-1vRmLSMQ23Q/3
Published
2025-08-07