ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT.Z DI SURABAYA

  • Callysta Soesanto Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Yie Ke Feliana Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 527 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 794 times
Keywords: tata kelola perusahaan yang baik (GCG), transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, kewajaran atau keadilan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menilai implementasi GCG di sebuah perusahaan tertutup di Indonesia serta mekanisme implementasi GCG tersebut. Berdasarkan tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk descriptive research. Penelitian ini dibangun pada keyakinan bahwa dengan diterapkannya GCG pada suatu perusahaan maka perusahaan tersebut memiliki pengelolaan yang lebih baik serta dalam proses implementasinya diharapkan mampu mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Pertanyaan penelitian utama dari studi ini adalah apakah dengan implementasi GCG di perusahaan terjadi peningkatan terhadap prinsip-prinsip GCG yang merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk memberi keuntungan jangka panjang, sekaligus bertahan dalam persaingan bisnis global. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama penerapan GCG terjadi peningkatan terhadap kelima prinsip GCG dimana peningkatan signifikan terjadi pada prinsip transparansi, akuntabilitas, dan kewajaran atau keadilan. Selain itu hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi perusahaan untuk menerapkan tata kelola yang baik adalah untuk melaksanakan prinsip  good corporate governance secara utuh,murni untuk restructuring company agar dapat mencapai tujuan perusahaan serta memenuhi harapan seluruh stakeholders perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budimanta, Arif.dkk. 2008. Corporate Sosial Responsibility Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia. Jakarta: ICSD

Che Haat, M.H., Rahman, R.A., & Mahentiran, S. 2008. Corporate Governance, Transparancyand Performance of Malaysian Companies. Managerial Auditing Journal,Vol. 23 No.8, pp 744-778.

Chinn, Richard, Corporate Governance Handbook, Gee Publishing Ltd. London, 2000

Darmawati, Khomsyiah dan Rika Gelar R. 2005. Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Yogyakarta: Ikatan Akuntan I Vol 8, No. 1, Januari 2005.

Dr.Srinivasa Rao Chilumuri M.Com.,M.B.A.,Ph.D.2013. Corporate Governance in Banking Sector: A Case study of State Bank of India. IOSR Journal of Business and ManagementVol 8, Issue1. pp 15-20.

FCGI. 2001. Corporate Governance. Forum for Corporate Governance in Indonesia. Jakarta.

Freeman, R.Edward & Reed, David L.(1983). “Stockholders and Stakeholders: A New Perspective on Corporate Governance, California Management Review, Vol 25. No. 2. pp. 88-106.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007.Teori Akuntansi. Edisi: Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Indra, Surya dan Ivan Yustiavandana. 2008. Penerapan Corporate Governance Mengesampingkan Hak-hak Istimewa dan Kelangsungan Usaha.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Indrayani, Mei. dan Nurkholis. 2001. Persepsi Manajemen Perusahaan terhadap Prinsip-Prinsip Good Corporate Gavernance. TEMA(Vol II, No 2) :136-156.

Jensen, M.C. and Meckling, W.H. 1976. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal ofFinancial Economics. October. Vol. 3. pp. 305-360

Kabir Md. Humayun and Ismail Adelopo. 2012. Corporate Governance Disclosure Practices by Swaziland Public Enterprises. African Journal of Business Management Vol.6 (24), pp. 7136-7148.

Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance .2006. Pedoman Umum GoodCorporate Governance.

OECD. 1999. OECD Principles of Corporate Governance.

Siregar, Silvia V. 2005. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Praktek Corporate Governance terhadap Pengelolaan Laba.SNA. VII.. Vol. 9. No. 3. Hal. 307 –326.

Shaw, John. C. Corporate Governance and Risk: A System Approach, John Wiley & Sons, Inc, New Jersey, 2003.

Suratman, Aji. 2000. Peranan Akuntan Pada Good Corporate Governance.

Media Akuntansi No.7 Th. 1 Maret

Tunggal, Imam Sjahputra dan Amin Widjaja Tunggal. 2002. Membangun Good Corporate Governance (GCG). Jakarta. Harvarindo.

The Indonesian Institute for Corporate Governance. 2006. Pengertian dan Konsep Corporate Governance, Jakarta: IICG
Published
2014-03-01

Most read articles by the same author(s)