PENGGUNAAN BINARY LOGIT UNTUK PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2013

  • Riska Ayu Setiawati Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 136 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 464 times
Keywords: Financial Distress, Non Financial Distress, Rasio Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan rasio keuangan dalam membedakan perusahaan yang diindikasi mengalami financial distress dan non financial distress dan menguji akurasi model prediksi financial distress yang dihasilkan melalui penggunaan rasio keuangan dengan teknik binary logit pada perusahaan di sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2013.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan Regression Binary Logistic. Penelitian ini menggunakan sampel berupa perusahaan/emiten yang berada di dalam sektor industri manufaktur di BEI periode 2009-2013.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa rasio keuangan memiliki kemampuan untuk membedakan perusahaan yang mengalami financial distress dan non financial disress, penelitian ini juga menemukan bahwa model prediksi financial distress yang dihasilkan melalui penggunaan rasio keuangan dengan teknik binary logit memiliki akurasi yang tinggi pada perusahaan di sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almalia, Luciana Spica., 2006, Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Go Publik dengan Analisis Multinomial Logit, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XII, No.1.

Almilia, Luciana Spica dan Kristijadi., 2003, Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia (JRAI), Vol 7. No.1.

Altman, E. I., 1968, Financial Ratio Discriminant Analysis and the Prediction of Corporate Bankrupty, Journal of Finance, No.23.

Brahmana, 2007, Identifying Financial Distress Condition in Indonesia Manufacture Industry, Birmingham Business School, University of Birmingham,United Kingdom

Bringham, Eugene F dan Michael C. Ehrhardt, 2005, Financial Management Theory and Practice, Eleventh Edition, Thomsom South Western.

Murhadi, Werner Ria., 2013, Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham, Salemba Empat, Jakarta.

Pasaribu, Rowland., 2008, Penggunaan Binary Logit Untuk Prediksi Financial Distress Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta, Jurnal ekonomi, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11, No. 2, ISSN: 1410-6418.

Platt, Harlan D., dan Platt, Marjorie B, 2002, Predicting Corporate Financial Distress: Reflections on Choice-Based Sample Bias, Journal of Economics and Finance, Vol. 26.

Widarjo, Wahyu dan Doddy Setyawan, 2009, Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Otomotif, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 11, No. 2, Hlm 107-119.
Published
2015-03-01