EVALUASI KETERSEDIAAN INFORMASI UNTUK INVENTORY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN WAKTU PEMENUHAN PESANAN PELANGGAN PADA CV. ABC DI SIDOARJO

  • Lucia Novita Arumsari Universitas Surabaya
  • Imanuel Goestaman Universitas Surabaya
Abstract Views: 336 times
PDFD - FULL TEXT Downloads: 454 times
Keywords: Inventory management, Economic Order of Quantity (EOQ), reorder point (ROP), inventory turnover, days collection of account receivable.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan informasi dalam inventory management CV. ABC dalam meningkatkan ketepatan waktu pemenuhan pesanan pelanggan. Hasil penelitian pada badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan mesin ini menunjukkan informasi yang dimiliki badan usaha sangat minim sehingga inventory management yang ada masih memiliki banyak kelemahan. Tingkat EOQ dan ROP yang ada pada badan usaha belum ditentukan secara pasti. Akibatnya, pesanan pelanggan tidak dapat dipenuhi tepat waktu dan juga terjadi penumpukan stok pada barang tertentu. Selain itu, inventory turnover yang cepat tidak diikuti dengan days collection of account receivable yang cepat pula. Hal ini menimbulkan masalah terkait aliran kas pada badan usaha. Penerapan EOQ dan ROP diharapkan dapat memperbaiki inventory management yang ada di badan usaha selama ini. Selain itu, penggunaan inventory turnover dan days collection of account receivable dapat membantu badan usaha mengetahui masalah yang sedang atau akan terjadi dan melakukan antisipasi atas masalah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02