ANALISIS EFEKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOSIAL LINGKUNGAN PERUSAHAAN

( Studi kasus PT. Pertamina (Persero) unit pemasaran TBBM Depot Ende )

  • Wahyu Supriadinata Universitas Surabaya
  • Imanuel Goestaman Universitas Surabaya
Abstract Views: 4924 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 4856 times
Keywords: CSR, Investasi perusahaan jangka panjang, TBBM Depot Ende, PT. Pertamina (Persero)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana sebuah program CSR tersebut dilaksanakan dan manfaat apa yang didapatkan oleh perusahaan, serta bagaimanakah timbal balik dari masyarakat sekitar sebagai investasi jangka panjang bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode descriptive research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program CSR tersebut dilaksanakan dan apa dampak jangka panjang yang diperoleh perusahaan atas implementasi tersebut. Penelitian dilakukan pada TBBM Depot Ende yang merupakan unit pemasaran V PT. Pertamina (Persero) dengan memulai penelitian tanggal 23 Januari 2013 hingga 17 Februari 2013. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program CSR yang direncanakan tersebut hampir keseluruhan telah dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kelemahan-kelemahan sehingga hasil dari pelaksanaan program tersebut belum maksimal. Dari kelemahan tersebut dapat diberikan rekomendasi yaitu dibutuhkan sebuah pengukuran dan pelaporan yang jelas sehingga didapatkan informasi yang dapat dijadikan sebuah evaluasi untuk pelaksanaan program berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01