STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PUSAT SOUVENIR DAN JAJANAN KHAS PAPUA

  • Donabella Ayatanoi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Benny Lianto Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Amelia Santoso Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Kota Sorong, terletak paling barat dari pulau Papua dan menjadi pintu gerbang bagi masuknya informasi dan teknologi ke Papua. Juga sebagai kota transit bagi kota-kota dan kabupaten baru di provinsi Papua Barat. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, juga terungkapnya keindahan pariwisata alam di papua Barat, membuat kota Sorong semakin ramai dikunjungi, terutama oleh wisatawan dan pebisnis. Meningkatnya jumlah pengunjung Sorong juga meningkatkan permintaan terhadap souvenir khas Papua. Hal ini kemudian menjadi peluang bisnis yang bisa berdampak positif bagi perkembangan sektor industri dan wirausaha di Sorong, juga berdampak bagi perkembangan masyarakat Papua sendiri. Studi kelayakan dimulai dengan pengumpulan dan pengolahan data aspek pasar berupa penentuan pasar potensial dan permintaan efektif. Aspek berikutnya yang dibahas adalah aspek sosial budaya dan sosial ekonomi, yaitu bagaimana pendirian pusat souvenir dan jajanan khas Papua ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Papua. Dilanjutkan dengan aspek manajemen dan hukum yang membahas tentang persyaratan hukum pendirian usaha, juga struktur organisasi dan manajemen usaha. Aspek teknis membahas tentang tempat pendirian, jumlah tenaga kerja, dan teknis produksi. Aspek terakhir yang dibahas adalah aspek keuangan, yaitu memproyeksikan keuntungan ekonomis pendirian usaha. Kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan seluruh aspek adalah usaha ini layak untuk didirikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husnan, S dan Suwarsono., (2000), Studi Kelayakan Proyek, Edisi ketiga, Unit Penerbit dan Percetakan AMP, YKPN, Yogyakarta.

Husnan, S dan Suwarsono., (2005). Studi Kelayakan Proyek, Edisi keempat, Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN, Yogyakarta.

Nitisemito, A.S dan Buran, M.U., (2004), Wawasan Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek, M.S. Bumi Aksara, Jakarta.

Porter M.E., (1980), Competitive Strategy: Thecniques For Analyzing Industries and Competitors.

Sutojo S., (2006), Studi Kelayakan Proyek:Teknik dan Kasus, Damar Mulia Pustaka, Jakarta.
Published
2013-03-01
How to Cite
AYATANOI, Donabella; LIANTO, Benny; SANTOSO, Amelia. STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN PUSAT SOUVENIR DAN JAJANAN KHAS PAPUA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/423>. Date accessed: 21 apr. 2019.