PENERAPAN FILOSOFI ZHUGE LIANG DALAM PERSONNEL DAN CULTURAL CONTROL UNTUK MENGATASI MOTIVATIONAL PROBLEM KARYAWAN PADA PT.HJT DI SAMARINDA

  • Hanna Hosanna Lestari Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Wiyono Pontjoharyo Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan applied research yang bertujuan untuk memeberikan rekomendasi penerapan filosofi Zhuge Liang pada personnel dan cultural control pada PT HJT di Samarinda untuk mengatasi motivational problem pada karyawan PT HJT ini karena memotivasi karyawan yang kurang dalam mencapai visi dan misi dari PT HJT. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengendalian yang tepat agar tujuan badan usaha dapat terlaksana dengan baik. Maka dari itu hal ini harus diimbangi dengan filosofi kepemimpinan yang tepat, karena filosofi kepemimpinan yang tepat akan mempengaruhi kekuatan budaya organisasi. Budaya organisasi yang kuat akan menghasilkan sistem pengendalian informal yang efektif. Sistem pengendalian yang efektif akan mengatasi control problem. Filosofi kepemimpinan Zhuge Liang relatif paling ideal untuk diterapkan pada pemimpin saat ini. Hal ini dikarenakan ajaran dari Zhuge Liang mempunyai ciri khas seorang penasehat yang bijaksana dan tidak hanya berlaku bagi pemimpin saja namun setiap manusia dapat menerapkannya. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti mencoba membahas penerapan filosofi Zhuge Liang dalam personnel dan cultural control untuk meningkatkan motivational problem yang terjadi pada PT HJT dan dapat membantu PT HJT dalam mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dyah, Dinar A.F.S. 2015. Peran Sistem Pengendalian Manajemen pada Prestasi Karyawan Berdasarkan Kinerja Krayawan ( Studi pada Koperasi Simpan Prima Artha Sejahtera). Jurnal Akuntansi Unesa Vol.3 No.2.

Effrein, Sujoko dan Bonnie Soeherman. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen, Filosofi dan Aplikasi. Gramedia: Jakarta.

Low Sui Peng Ben Lee Siew Keong,(1999),”Developing construction project management skills: lessons from ZhugeLiang’s Atr of Management”, career Development International,Vol. 4Iss 1 pp 34-39.

Merchant, K.A, and W.A. Van der Stede. 2007. Management Control System: Performance Measurement, Evaluation and Incentives. 2nd. Prentice Hall: UK.

Musa, Sitti Hardianti. 2013. Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1790-1798.

Sawitri, Penni.2011. Interaksi Budaya Organisasi dengan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Unit Bisnis Industri Manufaktur dan Jasa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 2, September 2011: 151-161.

Soebiondo ,G Yanuardi.2013 Kumpulan karya Militer Klasik :Seni Perang China. PT Elex Media Komputindo , Indonesia.

Tedjo, David Susanto. 2014. Relevansi kepemimpinan dalam perspektif Zhuge Liang dan “Familliness’ dalam implementasi system pengendalian manajemen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.1.

Thionardo Richard dan Goestaman Imanuel. 2012. Evaluasi Peran Sistem Pengendalian Manajemen untuk Meminimalkan Konflik Pada Badan Usaha Keluarga”K” di Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mhasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1.

Wang,Andri.2011 Samkok Perang siasat vs Siasat Tiga Kerajaan, PT Gramedia.

Woo, John.2008.Three Kingdom : Red Cliff. DVD.
Published
2017-09-01
How to Cite
LESTARI, Hanna Hosanna; PONTJOHARYO, Wiyono. PENERAPAN FILOSOFI ZHUGE LIANG DALAM PERSONNEL DAN CULTURAL CONTROL UNTUK MENGATASI MOTIVATIONAL PROBLEM KARYAWAN PADA PT.HJT DI SAMARINDA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 263 – 277, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/921>. Date accessed: 18 oct. 2018.

Most read articles by the same author(s)