STRATEGI BERTAHAN INDUSTRI BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SAAT PANDEMI COVID-19 2021

  • Gracia Devina Setyaningrum
  • Idfi Setyaningrum
  • Firman Rosjadi Doemadji
Abstract Views: 1029 times
Gracia Devina Chandra, Idfi Setyaningrum, Firman Rosjadi Djoemadi Downloads: 1089 times

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia. Kampoeng Batik Laweyan sebagai salah satu pusat industri batik Indonesia juga merasakan dampak dari pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami cara atau solusi yang dilakukan pemilik usaha batik untuk mempertahankan usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian interpretatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara dan data-data sekunder terkait. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan yang dilakukan meliputi penurunan harga produk, melakukan inovasi produk, sistem pemesanan (by order), promosi, menjaga etika dalam berbisnis, dan meningkatkan kualitas produk. Melalui hasil penelitian ini dapat membantu para pemilik usaha batik menemukan solusi yang tepat untuk menjaga usaha bisnis tetap bertahan dan eksis di tengah pandemi COVID-19 ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan PAda Kondisi Pandemik COVID 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6, 139-146.
Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. (2019). Kecamatan Laweyan Dalam Angka 2019. Surakarta: BPS Kota Surakarta.
Badan Pusat Statistik. (2021, Juni 24). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Retrieved Juni 24, 2021, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/website/images/Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Triwulan-IV-2020-ind.jpg
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10, 89-98.
Kampoeng Batik Laweyan. (2021). Pusat Industri Batik Kampoeng Batik Laweyan. Retrieved Maret 9, 2021, from Kampoeng Batik Laweyan: https://kampoengbatiklaweyan.org/
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management 14E. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Lestari, S. D. (2012). Mengenal Aneka Batik. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).
Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA "BATIK PESISIR" PEKALONGAN). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 189-214.
Wasita, A. (2020, Oktober 2). Pengusaha batik optimalkan penjualan daring selama pandemi. Retrieved Juni 24, 2021, from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/1761033/pengusaha-batik-optimalkan-penjualan-daring-selama-pandemi
Published
2021-12-03
How to Cite
Setyaningrum, G. D., Setyaningrum, I., & Rosjadi Doemadji, F. (2021). STRATEGI BERTAHAN INDUSTRI BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SAAT PANDEMI COVID-19 2021. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 25(1), 32-39. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i1.4769
Share |