ANALISIS KEMAMPUAN LABA, ARUS KAS OPERASI DAN KOMPONEN AKRUAL UNTUK MEMPREDIKSI ARUSKAS OPERASI YANG AKAN DATANG PADA BADANUSAHA DI SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2014

  • Azifatul Channah Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Felizia Arni Rudiawarni Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 125 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 134 times
Keywords: Laba, Arus kas Operasi, Komponen Akrual dan Arus kas Operasi yang akan datang

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat manakah yang lebih mampu dalam menjadi prediktor terbaik untuk memprediksi arus kas yang akan datang dengan melihat tiga hal : laba, arus kas dari aktivitas operasi dan komponen akrual yang terdiri dari peubahan utang, perubahan piutang, perubahan inventor, penyusutan atau depresiasi dan amortisasi serta others akrual. Sebab investor pertama kali melihat kinerja suatu badan usaha adalah dari melihat bagaimana laba yang di dapatkan untuk membantu mengambil sebuah keputusan investasi. Sedangkan kreditor dalam menilai kemampuan badan usaha dalam melunasi pinjamannya melihat dari bagaimana aliran arus kas suatu badan usaha dalam kegiatan jual beli yang dilakukan melihat arus kas aktivitas operasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan motode causal study karena bertujuan untuk menguji pengaruh laba, arus kas dari aktivitas operasi dan komponen akrual. Penelitian ini menggunakan sampel berupa badan usaha sektor manufaktur yang terdaftar di BEI dengan periode waktu 2011-2014 dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel non-probability – purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 430 badan usaha.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa arus kas dari aktivitas operasi mampu menjadi prediktor yang lebih baik dibandingkan dengan total laba, bahkan dengan pemisahan laba menjadi arus kas dan akrual agregat, arus kas mampu menjadi prediktor yang lebih kuat daripada akrual agregat, serta agregat yang telah dipilah menjadi komponen utama belum mampu menjadi prediktor yang lebih kuat dari arus kas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barth, M.E, Cram, D.P. and Nelson, K.K. 2001. Accruals and the prediction of future cash flows. The Accounting Review, Vol. 76 No.1, pp. 27-58.

Dechow, P.M., Kothari, S.P. and Watts, R.L. (1998). “The relation between earnings and cash flows”, Journal of Accounting and Economics, Vol. 25 No. 2, pp.133-68.

Ebaid, Ibrahim El-sayed. 2011. Accruals and the prediction of future cash flows. Management Research Review, Vol. 34 No. 7, 2011.

Efferin, Sujok, Stevanus Hadi Darmadji, Yuliawati Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Yogyakarta: Graha Ilmu.

Finger, C. A. 1994. The ability of Earnings to Predict Future Earnings and Cash Flow. The Journal Accounting Research. Vol. 32, No. 2, Autumn. Pp. 210-223.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 20210. PSAK (Revisi 2010). Jakarta.

Jessica Tanri. 2012. K emampuan Earnings, Cash Flows From Operations, dan Komponen Accrual Memprediksi Future Cash Flows From Operation Pada Badan Usaha Sektor Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2008-2011. Surabaya: Badan Penerbit Universitas Surabaya.

Kieso, Donald E, Jerry J. Weygandt, and warfield D. Terry. 2011. Intermediate Accounting IFRS Edition Volume 1. New York: John Wiley & Sons Inc.

Kim, Myung-Sun dan Wiliam kross. 2005. T he Ability of Earnings to Predict Future Operating Cash Flows Has Been Increasing – Not Descreasing. Journal of Accounting Research, Vol 43, No. 5, h 753-780.

Lorek, K.S. and Wilinger, G.L. 1996. A multivairiate time-series prediction model for cash flow data. The Accounting Review, Vol. 71 No. 1, pp. 81-101.

Parawati, Zaki Baridwan (1998). Kemampuan Laba dan Aru s Kas dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Perusahaan Go Publik di Indonesia. Jurnal Risete Akuntansi Indonesia.

Primanita dan Setiono. 2006. M anajemen Laba: Konsep, Bukti Empiris dan Impilkasinya. Jurnal Sinergi, Vol. 8 No. 1 hlm. 43-51.

Riyanto, P. 2004. Penggunaan Laba dan Kompone Arus Kas untuk Mmeprediksi Laba dan Arus Kas pada perusahaan Manufaktur di Pasar Modal Indonesia Periode Tahun 1999-2002. Thesis. Program Studi Magister Akuntansi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Santoso, Singgih. 2012. M asteringSPSS Versi 19. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Subrahamanyam, K.R dan John J. Wild, 209. Analisis Laporan Keuangan, edisi 10., Jakarta: Salemba Empat.

Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS : Contoh Kasus dan Pemecahan. Yogyakarta : ANDI.

Trisnawati, Widya dan Wahidahwati. 2013. Pengaruh Arus Kas Operasi, Investasi dan Pendanaan serta Laba Bersih terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 1 No. 1 hal 77-92.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)