HUBUNGAN CORPORATE GOVERNANCE DAN EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI 2010-2012

  • Ika Cahyani Yuliana Putri Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Felizia Arni Rudiawarni Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Aurelia Carina Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 199 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 73 times
Keywords: Earnings management, Good Corporate Governance, Discretionary Accruals

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan corporate governance (board composition, board size, board meeting, board multiple directorship, komite audit independen dan frekuensi pertemuan komite audit) dan earnings management pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2010-2012. Variabel Control yang digunakan adalah leverage dan firm size. Penelitian ini menggunakan earnings management yang diproksikan dengan discretionary accruals. Model yang digunakan untuk mendeteksi adanya earnings management adalah Modified Jones. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa hanya variabel board multiple directorship yang mempunyai hubungan positif terhadap earnings management. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, Ishar dan Satyanugraha, Heru. 2008. “Praktik Earnings Management Perusahaan Publik Indonesia”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.10 No.2 Tahun 2008.

Boediono, Gideon SB. (2005). “Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur”. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Chtourou, S.M., J. Bedard, and L. Courteau. 2001. Corporate Governance and Earnings Manajement.

FCGI. 2011. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan). Jilid II, Edisi 2.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit - Universitas Diponogoro, Semarang.

Guna, Welvin I dan Herawaty, Arleen. 2010. “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor Lainnya Terhadap Manajemen Laba”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.12 No.1 hlm 53-68.

Hari, Bintang Y. 2012. “Karakteristik Dewan Komisaris dan Manajemen Laba di Indonesia”. Majalah Ekonomi Tahun XXII.

Jao, Robert dan Pagalung, Gagaring. 2011. “Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia”.

Kalamullah, Rayhan. 2012. “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Sektor Property yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia”.

Keputusan Ketua BAPEPAM No.29/PM/2004. Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Komite Nasional Kebijakan Governance. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Kumaat, Lusye Corvanty. 2013. “Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan”. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.17.

Murhadi, R. Werner, 2007. “Studi Pengaruh Corporate Governance Terhadap Praktik Earnings Management pada Perusahaan Terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia”.

Nasution, Marihot dan Setiawan, Doddy. 2007. “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia’. Simposium Nasional Akuntansi X.

Pamudji, Sugeng dan Trihartati, Aprillya. 2010. “Pengaruh Independensi dan Efektifitas Komite Audit Terhadap Manajemen Laba”.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)