PDF

PERLINDUNGAN HUKUM ATAS LAGU YANG DIKLAIM PIHAK LAIN MELALUI AGGREGATOR MUSIK

  • Marcello Benjamin Setiawan Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Yoan Nursari Simanjuntak Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Elly Hernawati Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
Abstract Views: 1 times
PDF Downloads: 1 times
Keywords: songs, music aggregator, economical rights, lagu, aggregator musik, hak ekonomi

Abstract

AbstractSongs are one of the copyrighted works that are protected under Copyright Law Number 28 of 2014. This protection gives rise to moral and economic rights for the creator. Economic rights can be utilized by creators to obtain economic value from their creations. Copyright protection implies that every party who wants to make economic use of a work needs to obtain permission from the creator first. Music Aggregator is a service that helps creators distribute their creations. This has the potential to be misused by various parties to distribute other people’s creations. The type of research used is normative juridical, which is based on positive legal norms which are related to this research in order to obtain coherent truth. The results of the research shows that parties who make economic use of a work without permission from the creator can be subject to Article 1365 of the Civil Code on the basis of an unlawful act and Article 1246 of the Civil Code as a provision for material compensation.

Keywords: songs, music aggregator, economical rights

 

Abstrak—Ciptaan lagu merupakan salah satu karya cipta yang dilindungi dalam UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Perlindungan tersebut menimbulkan hak moral dan hak ekonomi bagi penciptanya. Hak ekonomi dapat dimanfaatkan oleh pencipta untuk memperoleh nilai ekonomi dari ciptaannya. Perlindungan hak cipta mengisyaratkan bahwa setiap pihak yang ingin memanfaatkan suatu ciptaan secara ekonomi perlu memperoleh izin dari pencipta terlebih dahulu. Aggregator Musik adalah sebuah jasa yang membantu para pencipta dalam mendistribusikan ciptaannya. Hal ini berpotensi untuk disalahgunakan oleh berbagai pihak untuk mendistribusikan karya yang bukan menjadi milik mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu didasarkan pada norma-norma hukum positif yang memiliki keterkaitan dalam penelitian ini agar memperoleh kebenaran bersifat koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap pihak yang memanfaatkan sebuah ciptaan secara ekonomi tanpa izin dari pencipta dapat dikenakan Pasal 1365 KUHPer atas dasar perbuatan melawan hukum dan Pasal 1246 KUHPer sebagai ketentuan bentuk ganti kerugian materiil.

Kata kunci: lagu, aggregator musik, hak ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

BUKU
Hasibuan, Otto.(2014). Hak Cipta di Indonesia, Tinjauan Khusus Hak Cipta Lagu, Neighbouring Right, dan Collecting Society. Bandung: PT Alumni.
Hadjon, Philipus M. (2011). Pengantar Hukum Administrasi Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hidayah, Khoirul. (2017). Hukum Hak Kekayaan Intelektual. Malang: Setara Press.
Munir, F. (2017). Perbuatan Melawan Hukum: Pendekatan Kontemporer. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Soelistyo, Henry. (2011). Hak Cipta Tanpa Hak Moral. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Stim, Richard. (2018). Patent, Copyright & Trademark. Nolo.

JURNAL
Adawiyah, Robiatul & Rumawi. (2020). Pengaturan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Masyarakat Komunal Di Indonesia. Jember: Fakultas Syariah IAINJember.
Ariani, Nevey Varida. (2019). Penegakan Hukum Pelanggaran Dan Pemalsuan Hak Cipta Dengan Munculnya Industri Musik Digital. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM RI.
Depoorter, Ben & Francesco Parisi. (2001). Fair Use and Copyright Protection: A Price Theory Explanation. SSRN Electronic Journal.
Galuszka, Patryk. (2015). Music Aggregators and Intermediation of the Digital Music Market. International Journal of Communication, 9, 20.
Jankowski, D. F. I. (2013). The End of Ownership. Marq. Intell. Prop. L. Rev., 17, 103.
Lestari, Sartika N. (2019). Perlindungan Hak Moral Pencipta Di Era Digital Di Indonesia. Diponegoro Private Law Review, 4(3).
Miller, K. (2009). Organizational Communication: Approaches and Processes, 6th Edition. Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.
Muchsin. (2003). Perlindungan dan Kepastian Hukum Bagi Investor di Indonesia. Surakarta. Tesis Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Prato, P. (2007). Selling Italy by the Sound: Cross Cultural Interchanges Through Cover Records. Popular Music, 26(3), 441–462.
Saragih, A. N. (2023). Menelaah Perlindungan Hukum Bagi Hak Cipta Pencipta Lagu Terhadap Penampilan Cover Lagu Ciptaannya Oleh Musisi Lain Di Platform Media Sosial. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1).
Wijaya, A., & Aji, R. (2019). Declarative Principles Registration Of Copyright Rights In Disruption Era. In Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law And Pedagogy, ICBLP 2019, 13-15 February 2019, Sidoarjo, Indonesia.






WEBSITE
Aturan Dan Kebijakan. 2022. Youtube.com. Diakses tanggal 29 November 2023, dari https://www.youtube.com/intl/ALL_id/howyoutubeworks/policies/overview/.

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta
Published
2024-11-30