Faktor Penting Preferensi Konsumen Pada Water Kefir Teh Ashitaba

  • Benedicta Ratih Kusumastuti Fakultas Teknobiologi, Universitas Surabaya
  • Tjandra Pantjajani Fakultas Teknobiologi, Universitas Surabaya
  • Prita Ayu Kusumawardhany Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya
  • Lanny Kusuma Widjaja Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya
  • Hazrul Iswadi Fakultas Teknik, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Ardhia Deasy Rosita Dewi Fakultas Teknobiologi, Universitas Surabaya
Abstract Views: 37 PDF Downloads: 31
Keywords: ashitaba, kefir air, PCA, preferensi konsumen

Abstract

Preferensi konsumen terhadap sebuah produk perlu diperhatikan khususnya untuk produk yang
masih jarang beredar di masyarakat seperti kefir air (water kefir). Pada penelitian ini, pembuatan water kefir
menggunakan bahan dasar berupa serbuk ashitaba (Angelica keiskei). Tanaman ashitaba banyak dibudidayakan di Indonesia namun sedikit pemanfaatannya. Ashitaba memiliki banyak manfaat seperti antihipertensi, antistroke, dan kaya akan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penting penentu preferensi konsumen terhadap water kefir teh ashitaba menggunakan kuesioner daring dengan metode Principal Component Analysis (PCA) serta mengetahui pengaruh dari variasi konsentrasi serbuk ashitaba dan lama perebusan terhadap aktivitas antioksidan water kefir teh ashitaba. Hasil analisis dengan metode PCA didapatkan beberapa faktor, dari faktor yang terpenting hingga faktor yang dianggap kurang penting bagi konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli water kefir teh ashitaba. Faktor-faktor tersebut adalah aktivitas antioksidan, kandungan vitamin C, dan total bakteri asam laktat dengan skor berturut-turut 0,854; 0,816; dan 0,778. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi serbuk teh ashitaba (5 dan 10%) dan lama perebusan (2, 5, dan 8 menit) terhadap aktivitas antioksidan dari water kefir teh ashitaba. Hasil uji aktivitas antioksidan yang didapat dari nilai inhibisi terhadap DPPH yaitu sebesar 55,57±0,56% didapat dari konsentrasi serbuk teh ashitaba 10% b/v dan lama perebusan 8 menit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
How to Cite
Kusumastuti, B. R., Pantjajani, T., Kusumawardhany, P. A., Widjaja, L. K., Iswadi, H., & Dewi, A. D. R. (2022). Faktor Penting Preferensi Konsumen Pada Water Kefir Teh Ashitaba. MPI (Media Pharmaceutica Indonesiana), 4(1), 44-55. https://doi.org/10.24123/mpi.v4i1.4902
Section
Original Research Articles