Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (SO2 , H2S, NO2 dan TSP) Akibat Transportasi Kendaraan Bermotor di Kota Surabaya

  • Isa Ma'rufi Bagian Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Keselamatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember
Abstract Views: 1520 times
PDF Downloads: 13048 times
Keywords: Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan, tingkat risiko, kendaraan bermotor, risk agent

Abstract

Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL) merupakan suatu pendekatan untuk
menghitung atau memprakirakan risiko pada kesehatan manusia, termasuk identifikasi terhadap
adanya faktor ketidakpastian, penelusuran pada pajanan tertentu, memperhitungkan karakteristik
yang melekat pada agen yang menjadi perhatian dan karakteristik dari sasaran yang spesifik. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan risk agent adalah SO2, H2S, NO2, dan TSP. Penelitian
dilaksanakan di Jalan Bundaran waru, Jalan A. Yani, Jalan Darmo dan Jalan Perak untuk melihat risiko
kesehatan lingkungan akibat pencemaran udara kendaraan bermotor dengan waktu penelitian
adalah bulan Juli 2015. Data yang digunakan adalah data primer. Variabel pada penelitian ini adalah
identifikasi bahaya, identifikasi sumber, analisis pajanan, analisis dosis-respon, karakterisasi risiko,
dan manajemen risiko kesehatan lingkungan. Hasil penelitian untuk kadar risk agent menunjukkan
bahwa kadar SO2 tertinggi sebesar 7,3 mg/m3, kadar H2S tertinggi yaitu 2,10 mg/m3, kadar NO2
tertinggi yaitu 4,1 mg/m3, dan kadar TSP tertinggi yaitu 2,46 mg/m3. Nilai RQ untuk setiap risk
agent di lokasi studi seluruhnya menunjukkan di atas 1 (satu), hal itu berarti beberapa gas di udara
yang berasal dari kendaraan bermotor sangat berisiko dan membutuhkan pengendalian lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-23
How to Cite
Ma’rufi, I. (2018). Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (SO2 , H2S, NO2 dan TSP) Akibat Transportasi Kendaraan Bermotor di Kota Surabaya. MPI (Media Pharmaceutica Indonesiana), 1(4), 189-196. https://doi.org/10.24123/mpi.v1i4.770
Section
Original Research Articles